Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

SMPK St. Theresia Kupang Maksimalkan Penguatan Literasi di Setiap Mata Pelajaran

 

Kepala SMPK St. Theresia Kupang.


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Pertama Katolik (SMPK) St. Theresia Kupang akan memaksimalkan penguatan literasi di setiap mata pelajaran pada tahun 2024. Hal itu disampaikan oleh Kepala SMPK St. Theresia Kupang, Sr. Bergitta Muti, SSpS., kepada media ini, Selasa (16/1/2024).

 

“Kami menyadari bahwa rapor mutu pendidikan kita masih terbilang rendah. Untuk itu, ke depannya, kami akan memaksimalkan penguatan literasi di setiap mata pelajaran,” ujarnya.

 

Sr. Bergitta menuturkan, upaya tersebut akan melibatkan semua guru mata pelajaran, sehingga proses penguatan literasi bisa bermuara pada produk atau karya. Dengan begitu, sambungnya, literasi tidak hanya dikembangkan di kalangan peserta didik, tetapi juga guru.

 

“Selama ini, literasi hanya identik dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia, padahal, literasi itu merupakan tanggung jawab bersama. Dengan memaksimalkan penguatan literasi di setiap mata pelajaran, maka produk atau karya yang dihasilkan bisa bervariasi,” tukasnya.

 

Ia menambahkan, penguatan literasi berbasis mata pelajaran dan produk tersebut bisa memberikan nuansa baru dan dinamis di setiap karya yang dihasilkan.



“Pastinya, dengan memaksimalkan semua mata pelajaran, produk atau karya yang dihasilkan bisa bervariasi, seperti adanya tema terkait perundungan, karya sastra, tulisan ilmiah dan sebagainya. Ini yang akan kita dorong di tahun 2024 ini,” ungkap Sr. Bergitta.

 

Lebih lanjut, ia menerangkan bahwa pihaknya juga memaksimalkan platform digital untuk mendukung proses pembelajaran dan peningkatan literasi, seperti youtube. Di dalamnya, sambung Sr. Bergitta, para guru dan peserta didik bisa berbagi praktik baik dan hal-hal positif.

 

“Kami juga memaksimalkan youtube dan wadah belajar lainnya untuk mendukung proses pembelajaran dan peningkatan literasi. Di situ, anak-anak didik dan guru bisa belajar dan berbagi. Hasilnya, banyak peserta didik yang berhasil menjuarai berbagai lomba dan kompetisi. Kami berharap, ke depannya, semua hal yang diharapkan dapat terwujud, sehingga dibutuhkan dukungan dan kerja sama dari semua pihak,” pungkasnya. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments