Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Tiga Guru SMKN 1 Ile Ape Ikuti Uji Sertifikasi Kompetensi Level 4

 

Dokumentasi kegiatan.


Sikka, CAKRAWALANTT.COM - Tiga guru dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Ile Ape, kabupaten Lembata, berkesempatan mengikuti kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi Level 4 yang diselenggarakan oleh Lembaga Uji Sertifikasi Kompetensi PT Gemapedakabe Semarang di SMKN 1 Maumere, kabupaten Sikka, Selasa-Rabu (12-13/12/2023).

 

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan mutu sumber daya guru dalam bidang ketenagalistrikan dan PT Gemapedakabe Semarang menjadi salah satu lembaga uji sertifikasi kompetensi di bidang ketenagalistrikan yang bekerja sama dengan Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.  

 

Ketiga guru SMKN 1 Ile Ape yang menjadi peserta Uji Sertifikasi Kompetensi Level 4 tersebut adalah Marselinus Suri Gerong, S.Pd., Gr., Kamilus Fransiskus Ama Boli, S.Pd., Gr., dan Agustinus Blasius Peuuma, A.Md.

 

Ketika dihubungi melalui sambungan telepon, salah seorang guru, Marselinus Suri Gerong, S.Pd., Gr., menerangkan bahwa partisipasi para guru SMKN 1 Ile Ape dalam uji kompetensi tersebut bertujuan untuk memperoleh lisensi sebagai supervisor pengoperasian jaringan distribusi tegangan rendah serta analisis alat pengukur dan pembatas tiga phasa.

 

“Sebagai seorang supervisor muda, tentu saya merasa perlu adanya penguasaan secara baik terkait teori-teori dasar dalam kelistrikan serta aturan-aturan yang berlaku di PLN sesuai dengan SOP,” ungkapnya.

 

Marselinus berharap, melalui uji sertifikasi kompetensi tersebut, para peserta didik di SMKN 1 Ile Ape dapat dipersiapkan secara baik sehingga siap bersaing di dunia kerja. Selain itu, tambahnya, para guru di Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMKN 1 Ile Ape juga harus mengantongi sertifikat kompetensi minimal level 4.

 

“Dengan adanya uji kompetensi ini, ke depannya lembaga pendidikan SMKN 1 Ile Ape, khususnya Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan, bisa menjadi tempat uji kompetensi untuk keterwakilan wilayah kabupaten Lembata,” ujarnya.

 

Sementara itu, Wisnu, selaku Koordinator Asesor, mengharapkan agar para peserta didik SMKN 1 Ile Ape kelak bisa mengambil Sertifikat Kompetensi Level 2 di bidang pengoperasian sambungan pelanggan.

 

“Semoga para peserta didik bisa mengambil Sertifikat Kompetensi Level 2 bidang pengoperasian sambungan pelanggan dan ke depannya bisa terus bermitra dengan PT Gemapedakabe Semarang dalam melakukan uji sertitikasi kompetensi di bidang kelistrikan sesuai dengan konsentrasi keahliannya,” tukasnya.

 

Untuk diketahui, terdapat 3 Asesor Penguji dari PT Gemapedakabe Semarang, yakni Wisnu, Yance Boy, dan Dedi Parera. Sebelum pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi, para peserta memperoleh penjelasan terkait parameter operasi serta penguasaan batas atas dan bawah tegangan. Selain itu, para peserta diberikan gambaran tentang peran supervisor dan parameter yang digunakan sebelum pelaksanaan pekerjaan.

 

Sementara itu, kegiatan Uji Online akan digelar pada 20 Desember 2023 mendatang. (Paulus Geradus Hurint, S.T., Gr./MDj/red)


Post a Comment

0 Comments