Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Rektor Unwira Apresiasi Jalinan Kerja Sama dengan Kedubes Polandia

 

Rektor Unwira, Pater Dr. Philipus Tule, SVD.


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang menggelar kegiatan Kuliah Umum bersama Delegasi Kedutaan Besar (Kedubes) Republik Polandia, Selasa (28/11/2023), di Aula St. Hendrikus, Lantai IV Gedung Rektorat, Kampus Penfui.

 

Kuliah umum tersebut mengusung tema Poland: Brief Introduction and Study Oppurtunity serta menghadirkan 2 Narasumber, yakni Karolina Ionescu (Dipomat Politik dan Ekonomi Kedubes Republik Polandia) dan Lukas Tambunan (Staf Politik dan Ekonomi Kedubes Republik Polandia).


Baca juga: Dorong Internasionalisasi, UNWIRA Gandeng Kedutaan Besar Polandia

 

Pada kesempatan tersebut, Rektor Unwira Kupang, Pater Dr. Philipus Tule, SVD., menyoroti hubungan erat antara Indonesia dan Polandia yang telah terjalin selama puluhan tahun.



“Sejak zaman Soekarno tahun 1965, Gereja lokal kami di Flores NTT telah menerima tujuh imam dan misionaris SVD dari polandia untuk bekerja sebagai dosen di Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero dan Seminari Tinggi Sint Pius XII Kisol Flores. Saya adalah salah satu murid mereka. Tiga dekade kemudian, dimulai dari tahun 1990-an, kami telah mengirim siswa untuk belajar filsafat dan teologi di Polandia. Dua diantaranya adalah Vinsen Adi Gunawan dan Patrisius Neonnun yang merupakan dosen di Unwira saat ini,” jelasnya.

 

Ia menuturkan, Unwira sangat terbuka untuk belajar lebih banyak, mendapatkan informasi baru, berdiskusi dan membuka jalan bagi mahasiswa Unwira untuk belajar di luar negeri.


Baca juga: Tingkatkan Akses Pendidikan Internasional, UNWIRA Gandeng Kedutaan Besar Polandia Adakan Kuliah Umum

 

Pater Philipus menambahkan, tantangan yang dihadapi Unwira tidak hanya terbatas pada tanggung jawab tridharma, tetapi juga terletak pada bagaimana Unwira beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tuntutan terhadap kompetensi global dari para lulusan.



“Unwira merupakan salah satu dari sekian banyak institusi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang terampil ke seluruh bangsa dan luar negeri. Kepercayaan yang diberikan oleh Gereja lokal, masyarakat NTT dan orang tua mahasiswa menjadi pendorong bagi kami untuk terus memperbaiki diri guna mencapai tujuan bersama,” tukasnya.

 

Pater Philipus turut mengapresiasi Duta Besar dan Delegasi dari Kedubes Republik Polandia di Jakarta atas kerja sama yang telah terjalin melalui kuliah umum tersebut. Kerja sama tersebut, ujarnya, sangat penting untuk mendukung pengembangan teknologi pendidikan, peningkatan sumber daya manusia, kolaborasi penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat.

 

“Hal ini sangat berharga untuk mendukung teknologi pendidikan kami, untuk meningkatkan sumber daya manusia, kerja sama penelitian dan kolaborasi untuk meningkatkan kompetensi dan pengabdian kepada masyarakat,” pungkasnya. (Ocha Saru/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments