Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Unwira Kupang Berpartisipasi dalam Pameran Pendidikan di Timor Leste

 

Pose bersama.


Dili, CAKRAWALANTT.COM - Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang turut berpartisipasi dalam pameran pendidikan yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili, Timor Leste, selama 3 hari, yakni 24-26 Oktober 2023, di Pusat Budaya Indonesia.

 

Pameran tersebut merupakan bagian dari upaya mempromosikan perguruan tinggi yang terdapat di Indonesia kepada calon mahasiswa di Timor Leste. Kegiatan tersebut melibatkan lebih dari 40 perguruan tinggi dari Indonesia.


Baca juga: Universitas Katolik Widya Mandira Berpartisipasi dalam LLDIKTI XV Fair 2023



Pada kesempatan tersebut, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Dili, Prof. Dr. Phil. Ikhfan Haris, M.Sc., mengucapkan terima kasih kepada seluruh delegasi perguruan tinggi yang telah hadir pada pameran tersebut.

 

Ia menjelaskan, pameran pendidikan merupakan kegiatan rutin KBRI Dili yang dilakukan sejak tahun 2016.



“Tujuan utama dari pameran ini ialah untuk membuka akses informasi kepada mahasiswa Timor Leste yang ingin melanjutkan studi di Indonesia. Selama tahun 2020-2022, lebih dari 400 beasiswa telah diberikan kepada mahasiswa Timor Leste,” ungkapnya.


Baca juga: Universitas Katolik Widya Mandira Hadiri Rapat ACUCA Chapter Indonesia

 

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste, Okto Dorinus Manik, memberikan apresiasi atas terselenggaranya pameran pendidikan tersebut.

 

“Kami percaya bahwa kemajuan dan kemakmuran suatu bangsa ditentukan dari bagaimana kita mengembangkan pendidikan dan sumber daya manusianya,” tukasnya.

 

Lebih lanjut, ujarnya, pembangunan Indonesia tidak bisa berjalan sendiri, tetapi perlu melibatkan kerja sama dan relasi dengan negara lain.



Sementara itu, Wakil Perdana Menteri Timor Leste, Dr. Sr. Mariano Asanami Sabino, mengakui pentingnya kegiatan tersebut untuk memperkuat kerja sama antara kedua negara, terutama dalam pembangunan sumber daya manusia. 


Baca juga: Gandeng Dili Institute of Technology (DIT), FEB UNWIRA Selenggarakan Kuliah Umum

 

“Pendidikan merupakan komponen penting karena sumber daya manusia yang berkualitas adalah faktor utama pembangunan suatu negara,” tegasnya saat membuka pameran pendidikan secara resmi.

 

Ia juga menekankan bahwa pameran tersebut adalah bukti persaudaraan antara Indonesia dan Timor Leste, meskipun keduanya memiliki letak dan kedaulatan yang berbeda. Untuk itu, harapnya, kegiatan tersebut dapat memperkokoh hubungan antara kedua negara. (Ocha Saru/Rio Ambasan/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments