Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Tim HeartRangers IPB University Laksanakan Program Pengabdian Masyarakat bagi Kalangan Lansia

 

Dokumentasi kegiatan.


Jawa Barat, CAKRAWALANTT.COM - Kelompok mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) University yang diberi nama HeartRangers melaksanakan program Pengabdian Masyarakat dalam kegiatan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada 20 Juli 2023.

 

Kelompok mahasiswa ini berhasil lolos pendanaan dengan judul yang sangat unik, yakni Solusi Alternatif Mengatasi Loneliness Problem pada Lansia dengan Metode Interactive Fun Games. Kelompok yang bernama HeartRangers ini terdiri dari 5 orang, yakni Elsi Apriyanti dari Jurusan Teknologi Pangan sebagai Ketua, Rafli Ilham Utomo dan Asyfa Trinovalaila dari Jurusan Bisnis sebagai Anggota, serta Nira Kania Wulandari dan Hellen Joice Mailoa dari Jurusan Keluarga dan Konsumen sebagai Anggota.

 

Pada praktiknya, Tim ini melaksanakan program Pengabdian Masyarakat di daerah Bojonggede, tepatnya di Perumahan Bilabong, Cimanggis Bojonggede. Tim ini bekerja sama dengan mitra RPUK Muara Kasih (rumah perawatan usia lanjut/lansia) guna melihat permasalahan yang ada.



Setelah melakukan survei dan diskusi bersama pimpinan mitra, ditemukan permasalahan, yakni tidak adanya program untuk mengisi waktu luang para lansia. Mereka cenderung hanya melakukan aktivitas rutin, seperti makan dan tidur, serta melamun. Selain itu, kurangnya waktu luang bersama keluarga turut menyebabkan para lansia merasa kesepian (loneliness problem).  

 

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Tim HeartRangers menerapkan metode Interactive Fun Games dalam menjalankan program bagi para lansia. Metode tersebut merupakan games asyik dan bersama-sama yang terdiri dari beberapa program, yakni Kelas Hobi, Terapi Psikis (berkebun tanaman hias dan berkerajinan tangan), Kelas Marketing, dan Hearts to Hearts Games. Inti dari program-program tersebut adalah Heart to Heart Games.

 

Games tersebut berupa monopoli hati yang didesain dan dimodifikasi dengan pendekatan hati ke hati dan kasih sayang yang berisi tantangan dan kesempatan yang diharapkan bisa memberikan kasih sayang pada lansia.



Selain itu, Tim HeartRangers bersama lansia melakukan permainan puzzle sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan motorik dan daya ingat. Para lansia sangat tertarik dan menyukai permainan ini.

 

Tim ini berharap akan adanya keberlanjutan dari program tersebut yang dapat diterapkan pada panti jompo di seluruh Indonesia dalam mengatasi masalah kesepian pada kelompok lansia. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments