Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Komunitas Belajar Mengajar UMK Gelar Kegiatan Pengkaderan Anggota Baru Angkatan VII

 

Pose bersama.


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Komunitas Belajar Mengajar (KBM), Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK), menggelar kegiatan Pengkaderan Anggota Baru Angkatan VII, Minggu (1/10/2023), di kawasan Taman Wisata Hutan Camplong, Kabupaten Kupang. Kegiatan yang diikuti oleh puluhan mahasiswa UMK tersebut mengusung tema Menjadi Pendidik yang Inovatif, Kreatif, Berwawasan Luas, dan Berkarakter serta Berorientasi pada Pembelajaran Modern yang Meaningful Learning.

 

Kegiatan pengkaderan tersebut diawali dengan upacara pembukaan dan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Pembina KBM dan salah satu Anggota KBM Angkatan III.

 

Pada seremonial pembukaan, Pembina KBM sekaligus Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UMK, Budi Kurniawan, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi untuk menyukseskan kegiatan pengkaderan tersebut. Baginya, kegiatan pengkaderan merupakan salah satu momen terbaik untuk membina dan mengembangkan anggota baru agar mampu menciptakan perubahan.

 

“Terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini. Seluruh anggota baru juga harus menjadi orang-orang yang haus akan ilmu pengetahuan serta teknologi dan merupakan calon guru yang memiliki kualitas mendidik yang baik untuk menunjang masa depan yang lebih baik,” ungkap Budi.

 

Sementara itu, Ketua Umum KBM UMK, Amrosius Taek, menjelaskan, KBM dibangun dan dilatih untuk menjadi wadah aspirasi calon guru agar menjadi lebih profesional, berani, dan dapat menguasai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kerangka multikultural yang bermuatan teknohumanistik.

 

Di sisi senada, dalam sambutannya, Ketua Panitia Kegiatan, Mofianti Silfeto, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan pengkaderan tersebut.

 

Ia menambahkan, kegiatan pengkaderan sangat penting bagi seluruh anggota baru agar bisa beradaptasi dan menjadi bagian dalam komunitas.

 

“Proses pengkaderan ini sangat penting untuk membentuk sikap dan karakter yang tangguh sebagai bagian dari komunitas. Panitia juga mengapresiasi atas bergabungnya anggota baru di KBM. Kita selalu mendorong anggota baru untuk memegang teguh motivasi awal masuk KBM sampai lulus dari perguruan tinggi sehingga dinyatakan sebagai Alumni KBM,” pungkasnya.

 

Untuk diketahui, proses pengkaderan anggota baru tersebut tidak hanya sebatas pada pemberian materi, tetapi juga dilakukan pengenalan lebih dalam dengan cara membentuk 9 kelompok bagi para anggota baru. Setiap kelompok diarahkan untuk berjalan ke setiap pos, dimana jumlah pos disesuaikan dengan jumlah kelompok yang telah disiapkan oleh pihak panitia untuk dijelajahi.

 

Setelah menjelajahi semua pos, para peserta diberikan beberapa permainan (games) berupa quizizz yang berkaitan dengan seluruh materi yang diterima di setiap pos. Setelah itu, seluruh anggota baru mengikuti acara penutupan berupa pengucapan janji anggota serta pembagian hadiah.

 

Sejarah KBM UMK

 

KBM UMK berdiri pada tahun 2014 dengan nama Komunitas Belajar Biologi yang secara eksklusif hanya menjadi wadah pembelajaran bagi para mahasiswa di lingkup Prodi Pendidikan Biologi. Komunitas tersebut bertujuan untuk memberikan tambahan ilmu bagi para mahasiswa di luar aktivitas perkuliahan.  

 

Seiring berjalannya waktu, komunitas tersebut menjadi vakum dan tidak berjalan secara aktif. Untuk itu, salah satu pendirinya, yakni Budi Kurniawan, berinisiatif untuk menghidupkan kembali semangat akademik bagi anggota komunitas tersebut dengan mengubah namanya menjadi Komunitas Belajar Mengajar (KBM).

 

KBM akhirnya terbuka bagi seluruh mahasiswa yang bernaung di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMK, sehingga proses belajar dan penambahan ilmu bisa terjadi secara bersama-sama. (Carles Karmaley/Budi Kurniawan/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments