Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

KSPK Unwira Gelar Workshop Penulisan Berita bagi Wartawan Kampus

 

Pose bersama wartawan kampus Unwira dan Narasumber. Foto: Dokumentasi Unwira.


Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Kantor Kerja Sama dan Pusat Karier (KSPK) Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang menggelar kegiatan Workshop Penulisan Berita bagi Wartawan Kampus, Sabtu (7/10/2023). Workshop tersebut merupakan salah satu bagian dari rangkaian proses seleksi wartawan kampus yang dilakukan oleh KSPK Unwira.

 

Kegiatan yang berlangsung di Ruang KSPK Unwira, Gedung Rektorat, Kampus Penfui, tersebut menghadirkan 2 Narasumber, yakni Mario Djegho, S.I.Kom. (Pimpinan Redaksi Media Pendidikan Cakrawala NTT) dan Fr. Mario Ambasan, SVD. (Staf Sekretariat Unwira), serta diikuti oleh 6 orang wartawan kampus Unwira.

 

Dalam arahan awalnya, Staf KSPK Unwira, Rosa Saru, mengatakan, kegiatan workshop penulisan berita merupakan wadah pembelajaran bagi para wartawan kampus Unwira yang telah terpilih. Melalui kegiatan tersebut, ujarnya, para wartawan kampus bisa lebih mendalami proses, teknik, dan pengetahuan tentang jurnalistik.


Baca juga: Peringati Bulan Rosario, Campus Ministry Gelar Living Rosary

 

“Ini merupakan wadah belajar bagi teman-teman wartawan kampus yang telah terpilih melalui proses seleksi yang panjang. Semoga teman-teman bisa menggali dan mendalami lebih luas lagi tentang dunia jurnalistik, sehingga bisa melakukan peliputan dan penyusunan berita secara baik,” ungkapnya.



Pada pemaparan materinya, Mario Djegho, selaku Narasumber pertama, menekankan pentingnya teknik jurnalistik. Menurutnya, teknik jurnalistik berkaitan erat dengan keterampilan dan kemampuan dalam melakukan perencanaan, peliputan, hingga penyusunan berita.

 

“Teknik jurnalistik berkaitan dengan keterampilan dan kemampuan untuk melaksanakan proses jurnalistik. Teknik harus disertai dengan pengetahuan yang baik terkait jurnalistik. Dengan itu, teman-teman wartawan kampus bisa membuat perencanaan, melakukan proses peliputan, dan hingga penyusunan berita secara baik,” ujarnya.

 

Mario menambahkan, teknik jurnalistik sangat berpengaruh pada kualitas berita yang dihasilkan. Untuk itu, tegasnya, para wartawan kampus harus mampu mengetahui jenis-jenis produk jurnalistik beserta unsur-unsur yang terkandung di dalamnya, pola penyusunan dan penggunaan diksi, serta memahami alur peliputan dan kode etik jurnalistik.

 

Sementara itu, Fr. Mario Ambasan, SVD., selaku Narasumber kedua, mengarahkan para wartawan kampus untuk memahami strategi penulisan berita. Strategi, ungkapnya, berpengaruh pada sebuah pemberitaan.


Baca juga: Fakultas Sains dan Teknologi UNWIRA Adakan Kuliah Umum

 

“Teman-teman sebagai wartawan kampus harus betul-betul memahami strategi penulisan berita, sebab sangat penting dalam sebuah proses jurnalistik,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, terang Fr. Mario, seorang wartawan harus menguasai ragam bahasa jurnalistik. Guna memperkuat kapasitas dan kualitas tersebut, sambungnya, seorang wartawan kampus harus giat membaca dan memperkaya perbendaharaan kata, serta rutin menulis.



Di sisi senada, ketika dikonfirmasi oleh media ini di sela-sela kegiatan, salah satu peserta workshop sekaligus wartawan kampus Unwira, Tarsisius Galung, mengungkapkan, kegiatan workshop tersebut sangat bermanfaat dan penting. Hal itu, sambungnya, dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan keterampilan terkait jurnalistik bagi para wartawan kampus.

 

“Bagi saya, kegiatan ini sangat positif dan penting. Kami dapat belajar sekaligus melatih keterampilan kami di dunia jurnalistik,” tukasnya.


Baca juga: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UNWIRA Targetkan 100 Penelitian

 

Pantauan media, kegiatan workshop tersebut dibagi menjadi dua sesi, yakni penyampaian materi dan pelatihan menulis berita. Pada sesi penyampaian materi, para peserta diberikan beberapa gambaran terkait teknik penulisan berita, diksi, kualitas berita, dan etika jurnalisme oleh Mario Djegho, serta strategi penulisan berita dan ragam bahasa jurnalistik oleh Fr. Mario Ambasan, SVD. Sedangkan, pada sesi kedua, para peserta diarahkan dan didampingi untuk merancang pemberitaan dan menyusun berita yang bernuansa naratif, informatif, deskriptif, dan promotif terkait Unwira.

 

Kegiatan workshop berlangsung dengan baik. Turut hadir para wartawan kampus Unwira pada kesempatan tersebut, yakni Fransiskus Jefrianus Seran, Laazar Sakarias Koly, Berti Merlyani Tiwa Rinha, Matias Aleksandro Sogemaking, Tarsisius Galung, dan Amandha V. D. Tukan. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments