Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Dukung Implementasi Kurikulum Merdeka, MKKS Tingkat SMA Kabupaten Manggarai Barat Gelar Aneka Lomba

 

Dokumentasi kegiatan.


Manggarai Barat, CAKRAWALANTT.COM - Dalam mendukung pengimplementasian Kurikulum Merdeka, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Kabupaten Manggarai Barat menggelar aneka perlombaan selama 2 hari, yakni Selasa-Rabu (3-4/10/2023), di The Arnoldus Janssen Hall (D’AJ Hall) Labuan Bajo. Kegiatan yang mengusung tema Bergerak Bersama Wujudkan Merdeka Belajar tersebut diikuti oleh 25 SMA/MA se-Kabupaten Manggarai Barat.

 

Perlombaan tersebut terdiri dari beberapa mata lomba, yakni Debat Bahasa Inggris, Debat Bahasa Indonesia, Cipta dan Baca Puisi, Paduan Suara, Vokal Tunggal, dan Tarian Kelompok. Rangkaian perlombaan dibuka secara resmi oleh Koordinator Pengawas (Korwas) SMA/SMK dan SLB Kabupaten Manggarai Barat, Drs. Paulus Hansko.

 

Dalam sambutannya mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Paulus memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya, rangkaian perlombaan tersebut merupakan momen penting bagi semua pihak untuk menumbuhkan kesadaran terhadap penguatan budaya literasi.

 

“Perlombaan ini merupakan salah satu jalan dan tanda kesadaran bahwa kita semua ingin terus meningkatkan literasi di NTT. Mari kita sama-sama mengevaluasi perkembangan lembaga pendidikan kita dan bergerak bersama ke arah yang lebih baik. Ini merupakan tugas kita semua,” ungkapnya.



Sementara itu, Ketua MKKS Kabupaten Manggarai Barat, Martinus Marson, S.Pd., turut memberikan apresiasi bagi sekolah-sekolah yang telah terlibat dalam kegiatan tersebut.

 

“Terima kasih kepada sekolah-sekolah yang telah terlibat. Ini bukan hanya semata perlombaan, tetapi menjadi acuan atau referensi bagi peserta didik untuk terus berkarya. Selain itu, ini juga bisa menjadi wadah kolaborasi bagi setiap sekolah untuk memperluas jejaring kerja, dan menjalin suasana kekeluargaan dan persaudaraan dengan sekolah-sekolah lain,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, Ketua Panitia Perlombaan, Kornelis Joni, S.Fil., menerangkan, perlombaan tersebut merupakan salah satu implementasi nyata dari Kurikulum Merdeka. Hal itu, sambungnya, menjadi cara untuk menuntun, membimbing, dan memaksimalkan potensi peserta didik.



“Melalui aneka perlombaan ini, peserta didik mampu mengekspresikan diri, kreatif, dan berdaya saing, serta kritis dan mampu memanajemen diri. Para peserta didik diharapkan mampu bertumbuh seturut Profil Pelajar Pancasila,” tukasnya.

 

Di sisi senada, salah satu peserta didik dari SMA Negeri 2 Komodo, Nadia, ketika dimintai keterangan, mengungkapkan kegembiraan dan kebanggaannya sebab bisa berpartisipasi aktif. Baginya, kegiatan tersebut merupakan momen untuk mengembangkan potensi diri sekaligus membangun kolaborasi bersama peserta didik lainnya. (FrD/MDj/red)


Berita ini juga dapat dibaca di link: MKKS Kabupaten Manggarai Barat Gelar Aneka Perlombaan dengan Tema “Bergerak BersamaWujudkan Merdeka Belajar”


Post a Comment

0 Comments