Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Unwira Kupang Berpartisipasi dalam ASEACCU Ke-29, Begini Harapan Rektor

 

Pose bersama.


Filipina, CAKRAWALANTT.COM - Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang berpartisipasi dalam Association of Southeast and East Asian Catholic Colleges and Universities (ASEACCU) ke-29 yang dilaksanakan pada 22-25 Agustus 2023 di Baugio City, Filipina.

 

ASEACCU merupakan forum bagi perguruan tinggi Katolik yang berada di wilayah Asia Tenggara dan Timur untuk terlibat dalam dialog terbuka, berbagi sumber daya, dan merefleksikan identitas sebagai institusi Katolik dengan tujuan untuk mempromosikan misi bersama perguruan tinggi Katolik (aseaccu.asian).


Baca juga: Hadiri ASEACCU ke-29, UNWIRA Promosikan Misi Bersama Perguruan Tinggi Katolik Wilayah Asia Tenggara dan Timur

 

Kepada media ini, Rektor Unwira Kupang, Pater Dr. Philipus Tule, SVD., mengatakan, Unwira bersama beberapa perguruan tinggi Katolik di Indonesia sudah tergabung di dalam ASEACCU. Keterlibatan Unwira dalam forum tersebut, ujarnya, bertujuan untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi.

 

“Melalui asosiasi ini, kita bisa meningkatkan kualitas dimana kita bisa saling belajar dan berbagi praktik baik di antara sekian banyak perguruan tinggi. Di sini juga ada beragam pagelaran budaya dan musik. Selain itu, jalinan kerja sama dalam forum ini bisa menunjang akreditasi Unwira, sebab ini merupakan forum tingkat internasional,” ungkap Pater Philipus.



Pater Philipus menjelaskan, tema yang diangkat dalam ASEACCU ke-29 adalah Global Goals in the Care of Our Common Home: A Catholic Response. Melalui tema tersebut, sambungnya, perguruan-perguruan tinggi Katolik dapat melakukan diskusi tentang masalah-masalah dunia, seperti global warming dan peran kampus dalam menjaga kelestarian lingkungan.    


Baca juga: Gandeng Dua Universitas dan Perusahaan Farmasi, Dosen UNWIRA Kembangkan Obat Herbal Terstandar (OHT)Antimalaria

 

“Selain itu, ada juga pembahasan tentang kemiskinan, kelaparan, persoalan kesehatan dan kesejahteraan, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, pertumbuhan ekonomi dan sebagainya. Semua itu didiskusikan dan diharapkan dapat ditangani melalui kemitraan dan pembangunan yang berkisanambungan,” tambahnya.

 

Komitmen Unwira dalam Mendukung Program ASEACCU

 

Lebih lanjut, Pater Philipus menegaskan, Unwira akan berkomitmen untuk mendukung dan mengimplementasikan program-program yang dibahas dalam ASEACCU. Hal itu, tukasnya, sangat penting untuk membangun kesadaran perguruan tinggi dalam menyikapi setiap persoalan yang ada, seperti kemiskinan, kelaparan, persoalan lingkungan, dan lain sebagainya.

 

“Nantinya, program-program tersebut akan diaplikasikan ke dalam kegiatan perkuliahan dan ekstrakurikuler. Kita sebagai perguruan tinggi harus terlibat aktif dalam menyikapi persoalan-persoalan yang ada di sekitar. Terkait itu, Unwira sudah memiliki program studi baru, yakni Teknologi Pangan yang diharapkan bisa menunjang penyelesaian persoalan gizi dan kelaparan,” ungkap Pater Philipus.

 

Ia menambahkan, ASEACCU ke-29 turut mengukuhkan komitmen perguruan tinggi Katolik dalam menjalankan peran mereka sebagai agen perubahan positif di dunia. Kehadiran Unwira dalam konferensi tersebut menunjukkan bahwa pendidikan tinggi memiliki peran yang krusial dalam menciptakan solusi atas tantangan global yang semakin kompleks.



“Kita akan membangun kesadaran semua elemen Unwira untuk mendukung hal-hal tersebut. Melalui ASEACCU ini, kita (Unwira) berusaha meningkatkan kualitas kampus sebagai perguruan tinggi yang inklusi dan terbuka untuk mendukung penyelesaian persoalan di sekitar demi mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan,” pungkasnya.


Baca juga: YAPENKAR Menggelar Pelantikan Pengawas dan Pengurus Masa Bakti 2023-2028 

 

Untuk diketahui, pada kesempatan tersebut, dilakukan penandatanganan kerja sama antara Unwira dengan beberapa perguruan tinggi (Saint Louis University, Wenzao Ursuline University of Languanges, Providence University) yang tergabung dalam ASEACCU. Penandatanganan kerja sama tersebut bertujuan untuk mendukung komitmen Unwira dalam meningkatkatkan kualitas penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments