Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Kelompok Guru dan Peserta Didik Jenjang SMP Se-Wilayah Insana Ikuti Kegiatan Literasi Menyambut HUT Ke-101 Kota Kefamenanu

 

Dokumentasi kegiatan.


TTU, CAKRAWALANTT.COM - Kelompok guru dan peserta didik jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-wilayah Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), mengikuti kegiatan literasi menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-101 Kota Kefamenanu selama 3 hari, yakni Senin-Rabu (11-13/9/2023), di SMP Negeri Nunbai.

 

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua MKKS jenjang SMP wilayah Insana, Benediktus Seo, Senin (11/9/2023).

 

Benediktus menjelaskan, kegiatan literasi berupa workshop penulisan esai ilmiah bagi guru dan ragam tulisan kreatif bagi peserta didik tersebut merupakan bagian dari kegiatan tour literasi kerja sama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTU, MKKS jenjang SMP wilayah Insana, dan Cakrawala NTT.

 

“Kegiatan ini merupakan momen untuk menyambut HUT ke-101 Kota Kefamenanu. Kita bersama-sama merayakan momentum tersebut dengan kegiatan literasi ini. Saya pun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini,” ungkapnya.

 

Ia menambahkan, dengan terselenggaranya kegiatan literasi tersebut, diharapkan dapat terjadi pengimbasan terhadap penguatan aspek literasi di satuan pendidikan masing-masing, sebab baginya, aspek literasi sangat mempengaruhi kondisi rapor pendidikan.

 

Sementara itu, salah satu Narasumber dari Cakrawala NTT, Dr. Karolus Budiman Jama, menuturkan, kegiatan literasi tersebut sangat penting untuk penguatan kompetensi dan profesionalisme guru serta peningkatan kreativitas peserta didik. Untuk itu, ia mengharapkan partisipasi aktif dari para peserta agar bisa mengikuti kegiatan tersebut secara baik, sehingga bisa mencapai hasil yang maksimal.

 

“Kegiatan ini harus memberikan dampak yang positif bagi para guru dan peserta didik, terutama di bidang literasi. Aktivitas membaca dan menulis sangat penting, apalagi di dunia pendidikan. Dengan membaca kita bisa menambah wawasan dan membentuk pola pikir, sedangkan dengan menulis, kita bisa mengekspresikan pikiran kita secara baik,” ujarnya ketika dihubungi oleh media ini, Senin (11/9/2023), di sela-sela kegiatan.

 

Untuk diketahui, selama 3 hari, para guru akan mengikuti proses pendampingan menulis bersama Narasumber dari Cakrawala NTT. Para peserta akan diarahkan untuk menyusun karya tulis (esai ilmiah) sesuai alur penulisan yang benar serta berfokus pada praktik baik atau pengalaman selama proses pembelajaran dalam kelas.

 

Sedangkan, para peserta didik akan didampingi untuk menyusun karya tulis dan mengekspresikannya di depan publik. Para peserta didik yang terlibat dalam kegiatan ini berasal dari 2 wilayah, yakni Insana dan Biboki.

 

Pantauan media, di sela-sela kegiatan workshop, dilakukan penanaman pohon literasi oleh Bunda Literasi Kabupaten TTU, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTU, Direktur Cakrawala NTT, dan para Kepala Sekolah jenjang SMP se-wilayah Insana. (MDj/red)

 


Post a Comment

0 Comments