Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Guru-guru SMP Se-Wilayah Biboki Ikuti Workshop Penulisan Esai Ilmiah

 

Suasana pembukaan workshop penulisan esai ilmiah bagi guru-guru SMP se-wilayah Biboki.


TTU, CAKRAWALANTT.COM - Kelompok guru jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-wilayah Biboki, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), mengikuti kegiatan workshop penulisan esai ilmiah selama 3 hari, yakni Senin-Rabu (11-13/9/2023), di SMP Negeri 1 Biboki Selatan.

 

Kegiatan workshop tersebut merupakan bagian dari rangkaian tour literasi menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-101 Kota Kefamenanu kerja sama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTU, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) jenjang SMP wilayah Biboki, dan Cakrawala NTT.

 

Workshop tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris MKKS wilayah Biboki, Yulius Amfotis, Senin (11/9/2023). Dalam sambutannya, Yulius menyampaikan apresiasi dan limpah terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan literasi tersebut.



Menurutnya, workshop penulisan esai ilmiah menjadi momen yang berarti bagi para guru untuk mendukung penguatan aspek literasi.

 

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Ini menjadi momen yang sangat berharga dan berarti bagi kita semua. Apalagi seiring dengan perubahan zaman, tantangan dalam meningkatkan literasi semakin kompleks. Workshop ini menjadi wujud nyata komitmen kita dalam meningkatkan kemampuan literasi guru-guru se-kabupaten TTU, terkhususnya di wilayah Biboki,” ungkapnya.

 

Yulius menerangkan, melalui kegiatan workshop tersebut, para guru bisa saling berdiskusi dan berbagi praktik baik selama proses pembelajaran dalam kelas. Diskusi dan praktik baik tersebut, sambungnya, dapat dituangkan ke dalam bentuk karya tulis yang berkualitas.



“Selama tiga hari ke depan kita akan memperdalam teknik penulisan ilmiah yang baik dan benar. Bapak dan Ibu akan diberikan panduan, pemahaman, dan praktik langsung dari Narasumber serta langsung berorientasi pada hasil, yakni karya tulis,” tandasnya.

 

Untuk itu, Yulius berharap agar para peserta bisa terlibat aktif dalam kegiatan workshop dan mampu memberikan hasil yang maksimal selama 3 hari.

 

“Kita bisa mengeskplorasi berbagai topik dan isu terkini ke dalam tulisan. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan wawasan yang lebih luas tentang pentingnya literasi dalam membentuk pemikiran kritis dan analitis, serta penguasaan materi untuk mendorong keberhasilan dalam dunia pendidikan,” pungkasnya.



Untuk diketahui, selama 3 hari, para peserta akan mengikuti proses pendampingan menulis bersama Narasumber dari Cakrawala NTT. Para peserta akan diarahkan untuk menyusun karya tulis (esai ilmiah) sesuai alur penulisan yang benar serta berfokus pada praktik baik atau pengalaman selama proses pembelajaran dalam kelas.

 

Pantauan media, di sela-sela kegiatan workshop, dilakukan penanaman pohon literasi oleh Bunda Literasi Kabupaten TTU, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTU, Direktur Cakrawala NTT, dan para Kepala Sekolah jenjang SMP se-wilayah Biboki. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments