Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

SMK Negeri 1 Lamalera Gelar IHT Implementasi Kurikulum Merdeka

 

(Narasumber kegiatan IHT Implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 1 Lamalera)


Lembata, CAKRAWALANTT.COM - Mengawali proses pembelajaran di Tahun Pelajaran 2023/2024, SMK Negeri 1 Lamalera, Kabupaten Lembata, menyelenggarakan kegiatan In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan IHT ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu Senin-Rabu (24-26/7/2023), di sekolah tersebut.

 

Kegiatan IHT ini dilakukan dengan lebih mengedepankan dan mendorong para guru agar lebih berinisiatif dan lebih aktif dalam mempersiapkan dirinya sebelum menerapkan Kurikulum Merdeka pada Tahun Pelajaran 2023/2024 ini. Rangkaian acara pembukaan kegiatan IHT Implemantasi Kurikulum Merdeka ini berlangsung dengan aman, lancar, dan hikmat.

 

Kepala SMK Negeri 1 Lamalera, Fransiskus Reme, SE., dalam sapaan awalnya sebelum membuka kegiatan IHT Implementasi Kurikulum Merdeka secara resmi, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Narasumber tunggal, yakni Paulus Geradus Hurint, S.T.,Gr., pada kegiatan IHT Implementasi Kurikulum Merdeka tersebut.

 

Fransiskus menambahkan bahwa Kurikulum Merdeka masih tergolong baru untuk kalangan SMK Negeri 1 Lamalera. Oleh karena itu, beliau menghimbau agar para guru lebih fokus dalam kegiatan ini sehingga pada akhirnya dapat dipahami secara baik oleh seluruh guru mulai dari proses persiapan sampai dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas nanti.

 

“Semoga dengan adanya kegiatan IHT ini dapat memberikan perubahan dan pencerahan yang lebih baik bagi para guru di SMK Negeri 1 Lamalera yang selama ini pembelajaran yang berfokus pada guru (teacher center) menjadi pembelajaran yang berfokus pada siswa (stundent center), serta para guru selalu meningkatkan kemampuannya dan selalu terus mencari berbagai infirmasi dalam meningkatkan kualitas pembelajarannya sehingga tercapailah mutu pengajaran yang semakin hari semakin berkualitas,” ungkap Fransiskus.



Sementara itu, dalam pemaparan materinya, Paulus Geradus Hurint, S.T.,Gr. menyampaikan beberapa hal tentang kerangka kurikulum yang meliputi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Spektrum Kurikulum di SMK, Struktur Kurikulum, Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

 

Pada hari kedua, kegiatan IHT Implementasi Kurikulum Merdeka ini dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait Modul Ajar dan Asesmen. Berbagai contoh konkrit terkait langkah-langkah penyusunan Modul Ajar dengan menerapkan pola 4T (Telaah, Teliti, Tata dan Tutur) dan Asesmen dijelaskan secara terperinci oleh Narasumber.

 

“Para peserta kegiatan merasa sangat puas akan materi yang disampaikan. Setelah snack pagi, saya memberikan tugas mandiri kepada peserta kegiatan untuk menyusun perangkat pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampuhnya. Para peserta dengan penuh semangat menyelesaikan Tugas Mandiri ini sambil didampingi,” demikian jelas Paulus yang merupakan Wakasel Kurikulum dari SMK Pusat Keunggulan di Kabupaten Lembata. (red)


Post a Comment

0 Comments