Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Mahasiswa Prodi PGSD UMK Ikuti Workshop Pelatihan Desain Grafis Media PPT Menggunakan Aplikasi Kreatif

 

(Suasana Workshop Pelatihan Desain Grafis Media PPT Menggunakan Aplikasi Kreatif di Universitas Muhammadiyah Kupang. Para mahasiswa dari Prodi PGSD tampak serius mendengar penyampaian materi dari Narasumber)


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Mahasiswa Program Studi (Prodi) Penddikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK), mengikuti kegiatan Workshop Pelatihan Desain Grafis Media Power Point (PPT) Dengan Menggunakan Aplikasi Kreatif pada 24-25 Mei 2023. Kegiatan yang berlangsung di lingkup kampus tersebut dipandu langsung Dosen UMK, Budi Kurniawan, S.Pd.,M.Pd., selaku Narasumber.  

 

Menurut Budi, kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih kemampuan para mahasiswa dalam proses pengembangan diri dan peningkatan keterampilan, terutama bagi calon guru. Di dalam workshop tersebut, ujarnya, para mahasiswa diajarkan bagaimana menguasai teknologi yang dapat berguna sebagai media ajar dalam proses transfer knowledge, seperti penggunaan media Canva dan pemanfaatan Aplikasi Quizizz, sebagai bahan evaluasi yang menarik untuk digunakan.  

 

“Seiring dengan kebutuhan peserta didik akan inovasi pembelajaran yang kreatif, maka dibutuhkan inovasi dalam proses pembelajaran, sehingga pembelajaran tidak monoton dan membosankan bagi peserta didik. Oleh karena itu, mahasiswa perlu dilatih keterampilannya dalam menggunakan aplikasi-aplikasi kreatif yang dapat mendukung kompetensinya sebagai calon guru,” ungkap Budi.

 

Budi menambahkan di era yang serba digital saat ini, guru perlu membekali dirinya untuk menguasai beberapa aplikasi kreatif agar dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan kebutuhan peserta didik. Untuk itu, harap Budi, guru harus keluar dari zona nyaman guna melakukan sebuah perubahan dalam aktivitas pembelajaran di dalam kelas, sehingga kegiatan belajar dan mengajar menjadi menarik dan inovatif.

 

Untuk diketahui, workshop inovasi media pembelajaran dapat memberikan dampak positif bagi mahasiswa, terutama yang fokus mendalami dunia pendidikan dasar dengan rentang usia peserta didik antara 7-12 tahun. Pada usia yang masuk dalam kategori operasional konkret tersebut, guru membutuhkan sesuatu yang nyata sebagai bahan media pembelajaran untuk digunakan sebagai jembatan penyampaian informasi kepada peserta didik. Maka dari itu, melalui penggunaan aplikasi interaktif, guru dapat mewujudkan media pembelajaran yang menarik, sehingga proses pembelajaran menjadi menyenangkan, kreatif, mudah, efisien, serta mudah dipahami oleh peserta didik.

 

Pemanfaatan media dalam pengajaran, seperti penggunaan aplikasi, Canva, dan Quizizz, dapat memberikan akses pada gagasan baru seperti cara belajar, cara mengakses informasi yang sulit ditemukan, dan bagaimana menyajikan informasi dengan menggunakan media pembelajaran yang berbeda. Selain itu, guru dan peserta didik juga dapat menambah pengalaman baru secara maksimal. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments