Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

SMPN 13 KOTA KUPANG GELAR PERSIAPAN JELANG UJIAN SEKOLAH

 

(Suasana Rapat Koordinasi Persiapan Ujian Sekolah di SMPN 13 Kota Kupang)


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 13 Kota Kupang tengah mempersiapkan peserta didik kelas IX dan hal-hal lain untuk menghadapi Ujian Sekolah (US) pada awal Bulan Mei mendatang, tepatnya 8 Mei 2023. Hal itu disampaikan oleh Ketua Panitia Ujian Sekolah SMPN 13 Kota Kupang, Daprosa Dailaga, S.Pd., ketika dimintai keterangan di ruang kerjanya, Kamis (27/4/2023). Menurut Daprosa, pihaknya telah melakukan persiapan hingga pekan terakhir di Bulan April ini.

 

“Kesiapan kami sekitar 90%. Jumlah Peserta Ujian Sekolah di SMPN 13 Kota Kupang sebanyak 277 orang. Semua sudah siap mengikuti Ujian Sekolah pada awal Mei 2023. Kami sebagai Penyelenggara Ujian Sekolah sedang mempersiapkannya, termasuk hal-hal teknis,” ujar Daprosa.  

 

Daprosa menuturkan pihaknya terus melakukan rapat koordinasi bersama para pengawas silang guna membicarakan hal-hal teknis, termasuk penggunaan perangkat dan fasilitas penunjang ujian. Selain itu, sambungnya, juga dilakukan pertemuan bersama orang tua atau wali agar membantu mempersiapkan para peserta didik dalam mengikuti Ujian Sekolah.


(Ketua Panitia Ujian Sekolah SMPN 13 Kota Kupang, Daprosa Dailaga, S.Pd.)

“Kami terus berkoordinasi dengan para pengawas silang untuk hal-hal teknis, sehingga dapat membantu para peserta bila terjadi kendala teknis selama proses ujian. Selain itu, kami juga bertemu dengan para orang tua atau wali supaya lebih mempersiapkan anak-anak mereka dalam mengikuti Ujian Sekolah,” kata Wakil Kepala SMPN 13 Kota Kupang tersebut.

 

Lebih lanjut, ungkap Daprosa, masih terdapat beberapa kendala yang dialami oleh pihak sekolah, seperti minimnya kepemilikan ponsel android di kalangan peserta didik. Hal itu, jelasnya, akan ditanggulangi dengan menyiapkan laptop milik sekolah. Selain itu, tegasnya, pihak sekolah juga akan mengantisipasi ketidakhadiran peserta didik dengan cara menjemput dari tempat tinggal.

 

Sementara itu, para peserta didik kelas IX F SMPN 13 Kota Kupang mengungkapkan kesiapan mereka untuk mengikuti Ujian Sekolah pada Bulan Mei mendatang. Hal itu, terang mereka, terlihat dari persiapan yang dilakukan beberapa pekan terakhir dengan lebih banyak membahas soal-soal prediksi Ujian Sekolah 2023 yang tersaji dalam buku-buku pelajaran sekolah.

 

“Menjelang Ujian Sekolah, hampir di tiap jam pelajaran, kami bersama guru mata pelajaran membahas soal-soal prediksi Ujian Sekolah 2023 di Buku Merdeka Belajar,” ungkap Mawar, Jeny, dan sesama peserta didik lainnya.

 

Hal itu dibenarkan oleh Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Dra. Sulami Elisabet Ch, ketika dikonfirmasi pada kesempatan yang sama.

 

“Selain membahas prediksi-prediksi Ujian Sekolah dalam buku tersebut, kami juga melatih mereka dengan soal-soal lain sesuai kisi-kisi soal Ujian Sekolah yang telah dibagikan oleh Dinas Pendidikan Kota Kupang,” ujarnya.



Dalam buku paket yang diadakan melalui Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tersebut, terdapat pembahasan materi dari 6 mata pelajaran, yakni Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Buku-buku tersebut telah dibagikan kepada seluruh peserta didik agar lebih fokus mendalami materi-materi pelajaran yang akan diujikan.

 

Untuk diketahui, kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah memberikan kebebasan kepada satuan pendidikan untuk menggelar Ujian Sekolah atau Ujian Akhir Semester sesuai dengan kebutuhan, baik dalam bentuk portofolio, penugasan, tes secara luring atau daring, dan bentuk penilaian lain. Hal itu bertujuan untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna. (Jony Liwu/MDj/red)  


Post a Comment

0 Comments