Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

SMA NEGERI 2 KOMODO GELAR SEMINAR KTI PADA UJIAN SEKOLAH TAHUN 2023

 

(Para peserta didik kelas XII SMA Negeri 2 Komodo saat mempresentasekan Karya Tulis Ilmiah sebagai bagian dari Ujian Sekolah Tahun 2023)


Manggari Barat, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, menggelar Seminar Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bagi Peserta Didik Kelas XII selama 3 hari, yakni pada 13-15 April 2023. Seminar KTI tersebut merupakan bagian dari Ujian Sekolah Tahun 2023 yang diikuti oleh 90 peserta didik kelas XII dari kelompok peminatan MIPA, IPS, dan Bahasa. Semua peserta ujian dibagi ke dalam 14 kelompok.  

 

Ketua Panitia Ujian Sekolah, Bainih Latif, S.Pd., yang juga merupakan Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kurikulum, menjelaskan Seminar KTI merupakan tahap akhir dari seluruh rangkaian Ujian Sekolah Berbasis Proyek Tahun 2023.

 

“Ini merupakan tahap akhir, tahap dimana peserta didik diminta mempertanggungjawabkan tulisan mereka yang sudah digarap sejak Januari yang lalu di hadapan penguji,” ujar Bainih.


Bainih menambahkan pihak Panitia Ujian Sekolah telah mengagendakan beberapa kegiatan sebelum penyelenggaraan Seminar KTI, seperti gladi yang didampingi oleh para guru pendamping beserta wali kelas agar peserta didik dapat melakukan presentase tulisan secara maksimal.



Sementara itu, Kepala SMA Negeri 2 Komodo, Kornelis Joni, S.Fil., menuturkan pelaksanaan Ujian Sekolah di lembaga pendidikan yang dipimpinnya tersebut sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Menurutnya, konsep yang diusung tahun (2023) ini adalah ujian yang memacu peningkatan keterampilan berbasis bakat dan potensi peserta didik.

 

“Ujian Karya Tulis Ilmiah yang dijalankan hari ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Ujian Sekolah di tahun 2023, dimana peserta didik dilatih untuk menghasilkan karya ilmiah, mempresentasikannya, serta mempertanggungjawabkannya di depan penguji,” ungkapnya.


Lebih lanjut, terangnya, aspek lain yang diharapkan dari penerapan ujian tersebut adalah matangnya kompetensi sosial dan emosional dalam diri para peserta didik.

 

“Ketika mereka bekerja dalam tim, ada sejumlah sikap yang diharapkan muncul seperti mampu bekerja sama, menerima pendapat orang lain, menghargai pendapat, pantang menyerah, jujur, dan bertanggung jawab,” tegas Kornelis.



Di lain pihak, Koordinator Pengawas (Korwas) SMA/SMK dan SLB Kabupaten Manggarai Barat, Drs. Paulus Hansko, dalam sela-sela monitoring pelaksanaan Ujian Sekolah di SMA Negeri 2 Komodo, memberikan apresiasi kepada pihak sekolah terkait penerapan Ujian Sekolah berbasis proyek tersebut. Menurutnya, kegiatan ujian berbentuk Seminar KTI tersebut dapat mendorong pihak sekolah dan peserta didik untuk mempersiapkan diri secara maksimal.

 

“Saya melihat dan merasakan bahwa pelaksanaan Ujian Sekolah kali ini tidak main-main, karena selain peserta didik menuangkan ide dalam tulisannya, kemampuan berbicara mereka juga diuji dalam hal mempertahankan ide dan gagasan mereka melalui kegiatan presentasi karya ilmiah dan inilah yang diharapkan dari sebuah lembaga SMA dalam mempersiapkan peserta didiknya menuju Perguruan Tinggi,” kata Paulus.

 

Paulus juga menyampaikan sekalipun sekolah tersebut belum menjalankan Kurikulum Merdeka, tetapi dengan melaksanakan Seminar KTI dalam Ujian Sekolah, SMA Negeri 2 Komodo telah mendukung penerapan P5 dalam Kurikulum Merdeka. Untuk itu, harapnya, kegiatan tersebut harus terus dipertahankan.



Untuk diketahui, kegiatan seminar pada hari pertama diikuti oleh 6 kelompok yang terbagi ke dalam 2 sesi. Setiap sesi diisi oleh 3 kelompok dengan guru penguji pada masing-masing ruangan. Pada tahap presentase, masing-masing kelompok memaparkan tulisannya dalam waktu 60 menit dan selanjutnya diuji oleh 3 orang guru penguji.

 

Sebelumnya, pada Ujian Sekolah Tahap 1 yang dilaksanakan pada 16-27 Maret 2023, materi ujian yang dilaksanakan meliputi presentase laporan hasil pembuatan dan pemasaran makanan lokal, presentase laporan hasil uji laboratorium, serta presentase laporan hasil pembuatan video reportase. (https://sman2komodo.sch.id/AJ/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments