Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

TIM KKNT INSTITUT PENDIDIKAN SOE GELAR DEMONSTRASI SAINS DAN ALAT PERAGA DI SD INPRES SOE UN

 

(Tim KKNT Institut Pendidikan Soe menggelar foto bersama peserta didik dan guru SD Inpres Soe Un)


TTS, CAKRAWALANTT.COM - Tim Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Institut Pendidikan Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), menggelar kegiatan Demonstrasi Sains dan Alat Peraga Bagi Peserta Didik Sekolah Dasar (SD) Inpres Soe Un, Rabu (29/3/2023). Kegiatan tersebut merupakan salah satu bagian dari Program KKNT Institut Pendidikan Soe selama sebulan di Desa Kuatae, Kecamatan Kota Soe.  

 

Kepada media ini, Ketua Tim Dosen Pendamping Lapangan (DPL) untuk Desa Kuatae, Sonya V.Ch. Benu, M.Pd., menuturkan bahwa terdapat 2 program yang digelar sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat. Pertama, Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Warga Usia Sekolah dan kedua, Demonstrasi Sains dan Alat Peraga Bagi Anak SD Inpres Soe Un. Kedua program tersebut, ujar Sonya, menjadi fokus utama dalam kegiatan KKNT.

 

“Mahasiswa Institut Pendidikan Soe sedang melakukan KKNT selama 1 bulan di Desa Kuatae, Kecamatan Kota Soe. Ada dua program kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menjadi fokus kami, yakni Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Warga Usia Sekolah yang belangsung sejak 13-29 Maret 2023 dan Demonstrasi Sains dan Alat Peraga Bagi Anak SD Inpres Soe Un yang berlangsung pada 29 Maret 2023 ini,” terang Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris Intitut Pendidikan Soe tersebut.



Lebih lanjut, jelas Sonya, terdapat kegiatan lain yang turut digelar, yakni kerja bakti pembersihan lingkungan, pengerjaan administrasi di desa, serta hal-hal lain sesuai jadwal yang ditentukan oleh Pemerintah Desa Kuatae.

 

Kemudian, terkait Program Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Warga Usia Sekolah, Sonya mengungkapkan bahwa hal itu juga sudah diprogramkan oleh Pemerintah Desa Kuatae, sehingga melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan selama masa KKNT, program desa bisa dirintis dan direalisasikan dengan baik. Pihak Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Institut Pendidikan Soe, sambung Sonya, siap membantu dengan menyiapkan mentor atau instruktur yang dapat memfasilitasi program tersebut.



Sementara itu, ketika dikonfirmasi oleh media ini, Kepala SD Inpres Soe Un, Victoria Neka, mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Institut Pendidikan Soe tersebut. Baginya, kegiatan tersebut sangat positif untuk memotivasi semangat belajar anak-anak didik.

 

“Di sekolah ini hanya ada beberapa guru saja, sehingga ketika mahasiswa KKNT ini hadir dengan semangat seperti ini, kami merasa ada sebuah perhatian dari Perguruan Tinggi serta diharapkan agar anak-anak dengan semangat baru mengikuti pembelajaran di sekolah ini secara baik dan menyenangkan,” ujarnya.



Untuk diketahui, mahasiswa Institut Pendidikan Soe yang terlibat dalam kegiatan KKNT sebanyak 119 orang yang tersebar di 10 lokasi yang berbeda. Untuk Desa Kuatae, terdapat 12 mahasiswa dengan rincian 4 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, 1 mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika, 1 mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi, dan 6 mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). (Albert Baunsele/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments