Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

MAHASISWA HUKUM DAN TEKNIK SIPIL UNWIRA KUPANG GELAR SOSIALISASI KESELAMATAN LALU LINTAS

 

(Foto: Suasana Sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas dan Pelanggaran Lalu Lintas yang digelar oleh Mahasiswa Hukum dan Teknik Sipil Unwira Kupang di SMK Negeri Seo Noemuti)


TTU, CAKRAWALANTT.COM - Guna meningkatkan kesadaran berlalu lintas, Mahasiswa Hukum dan Teknik Sipil Universitas Widya Mandira (Unwira) Kupang yang tergabung ke dalam Kelompok Kuliah Kerja Nyata Tematik-Pembelajaran Pengabdian Masyarakat (KKNT-PPM) menggelar kegiatan “Sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas dan Pelanggaran Lalu Lintas” bagi peserta didik di SMK Negeri Seo Noemuti, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Jumat (3/2/2023). Kegiatan yang diawali dengan doa pembuka yang dipimpin oleh Sicundus Bere Fahik selaku moderator tersebut berlangsung pada pukul 10.00-11.00 Wita.

 

Dalam sambutan awalnya, Kepala SMK Negeri Seo Noemuti, Pius Peka Dahe, S.Pd., memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan di lembaga pendidikan yang dipimpinnya tersebut. Menurutnya, kegiatan sosialisasi tersebut dapat memberikan dampak positif terkait kesadaran berlalu lintas kepada seluruh peserta didik SMK Negeri Seo Noemuti dan masyarakat luas.

 

Ia juga berharap agar kehadiran Kelompok Mahasiswa KKNT-PPM Unwira Kupang tersebut bisa membantu penyelesaian berbagai permasalahan yang terjadi di lingkungan sekolah maupun masyarakat dalam menghadapi inflasi, resesi, dan deflasi.

 

Sementara itu, Pemateri Sosialisasi, Paulus Adiwarta Hadun, dari Jurusan Teknik Sipil Unwira Kupang, memaparkan materi terkait “Keselamatan Lalu Lintas”.

 

Keselamatan Lalu Lintas adalah suatu upaya dalam mencegah terjadinya kecelakaan yang disebabkan oleh manusia, kendaraan, jalan, dan lingkungan.” kata Paulus.

 

Menurutnya, keselamatan lalu lintas merupakan sesuatu yang penting bagi pengguna jalan karena berkaitan dengan nyawa manusia yang justru dianggap tidak penting dan bukan menjadi masalah bagi banyak orang.

 

“Hal ini disebabkan  oleh Thinking, Acting, dan Behave. Dimana thinking (berpikir) berarti boleh langgar aturan asal hati-hati, acting (bersikap) berarti pelanggaran aturan tanpa penindakan tegas atau aman-aman saja saat melanggar, aman-aman saja saat berkendara, aman-aman saja saat kecelakaan. Sedangkan, behave (karakter) itu kalau yang lain boleh langgar, maka saya pun demikian. Patuh jika ada petugas atau polisi. Taati aturan, sayangi nyawa, dan jangan makan puji!” tandas Paulus.



Lebih lanjut, Pemateri lainnya, Hendrikus Marianus Ama Kelang, dari Jurusan Hukum, memaparkan materi terkait Pelanggaran Lalu Lintas”.

 

Ia menekankan betapa pentingnya menaati aturan. Aturan, ujarnya, dibuat  untuk menciptakan rasa aman, lancar, dan nyaman atau keselamatan dalam berkendara.

 

Untuk diketahui, kegiatan sosialisasi tersebut diharapkan dapat memberikan edukasi kepada seluruh peserta didik SMK Negeri Seo Noemuti agar lebih memahami bagaimana etika berlalu lintas yang baik dan terbentuknya karakter pelajar yang taat berlalu lintas, serta dapat mengurangi terjadinya pelanggaran yang mempunyai peluang terjadinya kecelakaan nantinya. (Wawan Hadun/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments