Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

BUPATI ENDE APRESIASI PENYELENGGARAAN WORKSHOP LITERASI DI SMPK MARIA GORETI ENDE

 

(Foto: Kegiatan foto bersama usai seremonial penutupan Workshop Literasi di SMPK Maria Goreti Ende)


Ende, CAKRAWALANTT.COM - Bupati Ende, Djafar H. Achmad, memberikan apresiasi atas terselenggaranya Workshop Literasi di Sekolah Menengah Pertama Katolik (SMPK) Maria Goreti Ende selama 3 hari, yakni Kamis-Sabtu (9-11/2/2023). Hal itu disampaikannya melalui Asisten III Setda Kabupaten Ende, Hiparkus Hepi, pada acara penutupan Workshop Literasi di SMPK Maria Goreti Ende, Sabtu (11/2/2023). Menurutnya, kegiatan workshop tersebut senada dengan kebijakan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ende yang terkandung di dalam 5 misi pembangunan, dan salah satunya terkait bidang pendidikan.   

 

Pemerintah Kabupaten Ende merasa bangga dan bersyukur karena kebijakan Pemkab Ende ada 5 misi pembangunan, yaitu terutama menekankan dalam bidang pendidikan dengan agenda dan strategi penting untuk memajukan pendidikan di NTT khususnya di Kabupaten Ende,” ungkap Hiparkus.

 

Hiparkus menuturkan bahwa aktivitas atau kegiatan membaca dan menulis adalah bagian penting dalam perkembangan pendidikan anak-anak didik ke depannya. Pemda Kabupaten Ende, sambungnya, terus menekankan pengembangan kapasitas dan kualitas generasi muda guna mempersiapkan diri menuju Indonesia Emas pada tahun 2045 mendatang. Untuk itu, tambahnya, diperlukan kerja sama dan kolaborasi bersama semua pihak untuk mendukung upaya tersebut.



Di bidang pendidikan tentu kita harus berpikir ke depan terhadap generasi-generasi saat ini. Pemkab Ende selama ini mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) diantaranya di bidang pendidikan. Kita berharap untuk pemgembangan pendidikan ke depan perlu adanya kolaboratif secara baik dengan pihak-pihak yang profesional dalam hal literasi dan tentu Pemkab Ende sangat menyambut positif pelatihan workshop literasi yang dilaksanakan bersama Cakrawala NTT. Tentu ini merupakan suatu bentuk kolaborasi yang sangat baik,” jelas Hiparkus.

 

Senada dengan hal itu, Kepala SMPK Maria Goreti Ende, Sr. Sasilia Wele Balu, S.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan workshop literasi selama 3 hari tersebut berjalan dengan baik dan lancar. Para peserta yang terdiri dari guru dan peserta didik, ujar Sr. Sasilia, dapat menyesuaikan diri dengan baik sehingga mampu mengikuti proses pendampingan menulis dengan baik pula. Menurutnya, kegiatan workshop tersebut sangat bermanfaat, terutama dalam meningkatkan kompetensi guru dan kreativitas peserta didik.

 

Kegiatan workshop selama 3 hari yang dilaksanakan oleh pihak sekolah yang bekerja sama dengan Cakrawala NTT tentu sangat bermanfaat. Kegiatan ini sangat meningkatkan kompetensi para guru dalam hal menulis berbagai bentuk jenis tulisan, seperti, esai ilmiah, literasi digital, karya ilmiah, dan PTK/PTS. Kegiatan workshop ini juga menumbuhkembangkan minat dan bakat guru dan peserta didik dalam rangka menghidupkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) juga mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi asesmen nasional,” terang Sr. Sasilia.



Sementara itu, Pimpinan Umum Cakrawala NTT, Gusty Rikarno, turut menyampaikan terima kasih kepada Pemda Kabupaten Ende yang telah membuka ruang kepada Cakrawala NTT. Ia juga menerangkan bahwa Cakrawala NTT mengemban visi, yakni menyambut Generasi Emas NTT tahun 2050 dengan membangun budaya literasi. Visi tersebut, jelas Gusty, hampir serupa dengan upaya pemerintah untuk menyongsong Indonesia Emas 2045 mendatang. Untuk itu, harapnya, harus ada kerja sama dan kolaborasi di antara semua pihak, terutama pemerintah sebagai pemangku kebijakan.

 

“Kami dari Cakrawala NTT memberikan satu pertimbangan teknis bahwa dalam konteks pendidikan dari mulai infrastruktur dan sarana pendukungnya tentu berbeda antara kita di sini dengan yang di pusat. Maka, Cakrawala NTT berfokus pada generasi emas untuk NTT pada tahun 2050 sesuai dengan Visi Cakrawala NTT. Kami sudah bergerak sejauh ini untuk visi tersebut. Kami sudah mendampingi ribuan guru, peserta didik, dan mahasiswa dalam bidang menulis. Untuk itu, diperlukan semangat sinergitas-kolaborasi dalam mendukung terwujudnya mimpi besar kita, yakni melahirkan sumber daya yang literat dan berkualitas,” ungkap Gusty.



Pantauan media, seremonial penutupan kegiatan workshop tersebut juga diisi dengan pembacaan tulisan karya peserta didik. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMPK Maria Goreti Ende, Kabag Humas Pemkab Ende, Formator Literasi Cakrawala NTT, perwakilan guru dari SMKK Muktiyasa, Kepala TK Maria Virgo 2 Ende, jajaran guru, dan peserta didik. (Jamil/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments