Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SAMBUT HGN DAN HUT KE-13 IGI, IGI LEMBATA GELAR ANEKA KEGIATAN

 

(Foto: Dokumentasi kegiatan oleh IGI Kabupaten Lembata)


Lembata, CAKRAWALANTT.COM - Guna menyambut Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-13 Ikatan Guru Indonesia (IGI), Pengurus IGI Kabupaten Lembata menggelar aneka kegiatan pelatihan, Kamis (17/11/2022). Aneka pelatihan meliputi Pelatihan Daftar Usulan Pengajuan Angka Kredit (Dupak), Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), dan Penilaian Kinerja Guru (PKG). Kegiatan yang dilaksanakan di Aula SMP negeri 2 Buyusari tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lembata yang diwakili oleh Kepala Bidang SMP, Wanto Liarian.

 


Dalam sambutannya, Wanto sangat mengapresiasi dan mendukung aneka kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak IGI Kabupaten Lembata tersebut. Baginya, hal itu perlu didukung karena sangat membantu para guru dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya. Untuk itu, sambung Wanto, pihaknya sangat mendukung kegiatan-kegiataan positif yang bertujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas guru.

 


Sementara itu, kepada media ini, Ketua IGI Kabupaten Lembata, Feldin Rano Kelen, menuturkan bahwa kegiatan tersebut diadakan untuk menyongsong HGN dan HUT Ke-13 IGI. Feldin juga menerangkan bahwa rangkaian kegiatan tersebut sudah berlangsung sejak 12 November dan akan berakhir pada 26 November 2022 mendatang. Pada awal kegiatan, tambah Feldin, pihaknya menggelar Workshop Karya Tulis Ilmiah (KTI), Best Practice dan Modul Ajar bagi para guru.  

 


“Selain kegiatan peningkatan kompetensi guru, IGI juga menyiapkan ruang untuk siswa berkreasi dalam perlombaan Monolog Tingkat SMP/MTs Se-Kabupaten Lembata. Untuk itu, melalui kegiatan ini, diharapkan para guru bisa mengambil nilai-nilai inspiratif untuk terus memajukan dunia pendidikan,” tambah Feldin.





Pantauan media, kegiatan pelatihan tersebut turut dihadiri dua Narsumber utama, yakni Ignasius Ite, S.Pd., dan Yosef Amasuba, S.Pd,.Ind. Dalam pemaparan materi, para peserta terlihat sangat antusias dan mampu menciptakan dialog yang cukup alot. Materi-materi yang diberikan sangat penting bagi para guru dalam peningkatan kompetensi, khususnya terkait pengembangan diri.

 


Untuk diketahui, Ikatan Guru Indonesia (IGI) adalah organisasi guru yang didirikan pada tahun 2000 dengan nama Klub Guru Indonesia. IGI secara resmi berbadan hukum di bawah kepemimpinan Ahmad Rizali pada tanggal 26 November 2009 berdasarkan Surat Keputusan Nomor: AHU-125.AH.01.06 Tahun 2009 dari Kementerian Hukum dan HAM. Wadah ini menjadi kuat pada Kepengurusan Tahun 2021-2026 yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan Surat Keputusan Nomor: AHU-0000332.AH.01.08 Tahun 2021 dengan Ketua Umum Danang Hidayatullah dari DKI Jakarta. Adapun Visi Ikatan Guru Indonesia adalah “Menjadi Organisasi Profesi Guru yang Mandiri, Profesional, Inklusif, Berwawasan Global, dan Mencerdaskan”. (Rofinus R Roning/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments