Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

KEPALA SD, SMP, DAN SMA/SMK SE-TTS IKUTI SOSIALISASI PIP

 

(Foto: Suasana Sosialisasi Dana PIP di Aula SMA Negeri 1 Soe)


TTS, CAKRAWALANTT.COM - Dalam melihat langsung penyerapan Dana Program Indonesia Pintar (PIP) di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Tim dari Puslapdik dan anggota DPR RI, Anita Ga, menggelar sosialisasi terkait penyaluran Dana PIP bagi peserta didik yang diikuti oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS beserta Kepala SD, SMP, dan SMA/SMK se-Kabupaten TTS di Aula SMA Negeri 1 Soe, Selasa(18/10/2022).

 

Ketika dikonfirmasi media ini, Anita Ga, selaku anggota DPR RI, menuturkan bahwa syarat penerima Dana PIP adalah mereka yang berasal dari keluarga (orang tuanya) dengan penghasilan di bawah lima juta rupiah. Terkait data penerimaan Dana PIP, Anita menerangkan bahwa pihak sekolah bisa mengusulkan melalui Dapodik, data DTKS, dan juga pihak-pihak pemangku kepentingan.

 

“Nomor Induk Kependudukan (NIK) calon penerima harus jelas, statusnya diusulkan oleh sekolah layak mendapat PIP supaya ketika dibuka pada Dapodik anak itu layak memperoleh PIP dan terkait guru honorer, saya baru saja bertemu dengan Pak Bupati dan akan diangkat sekitar 600 guru honorer di Kabupaten TTS,” jelasnya.

 

Sementara itu, Teguh, selaku Ketua Tim Puslapdik, dalam materi sosialisasinya kepada para kepala sekolah,  menjelaskan bahwa tujuan adanya Dana PIP adalah untuk meningkatkan akses pendidikan, mencegah peserta didik putus sekolah, dan menarik anak yang putus sekolah agar menikmati pendidikan. Sasaran penerima PIP tersebut, ujar Teguh, adalah keluarga miskin yang telah terdata serta perlu adanya koordinasi sehingga dananya tepat sasaran. Terkait mekanisme penyaluran Dana PIP, sambungnya, dapat dilakukan melalui BNI maupun BRI.

 

“Untuk SD Dana PIP ada 450 ribu, SMP ada 750 ribu, dan SMA/SMK sebanyak 1 juta yang bisa digunakan untuk transportasi, biaya les, dan belanja perlengkapan sekolah,” tambahnya.

 

Sedangkan, Dominggus Banunaek, M.Si., selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten TTS, mengharapkan agar dalam minggu ini, diadakan lagi sosialisasi bersama dengan para Kepala SD dan SMP agar lebih mengetahui proses penyaluran Dana PIP, karena saat ini, tambah Dominggus, masih banyak kepala sekolah yang tidak sempat hadir.

 

Pantauan media, kegiatan sosialisasi tersebut turut dihadiri oleh pihak BNI dan BRI, Pengawas SMA dan SMK,dan sejumlah kepala sekolah di Kabupaten TTS. Sosialisasi pun berjalan secara lancar dan terjadi dialog antara pihak Bank dengan peserta sosialisasi, serta adanya komitmen bersama demi membangun komunikasi dan koordinasi yang baik antara pihak Bank dan sekolah sehingga penyaluran Dana PIP tidak terhambat. (Albert Baunsele/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments