Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMP NEGERI 2 ENDE GELAR PEMILIHAN PENGURUS OSIS PERIODE 2022/2023

 

(Foto: Dokumentasi Kegiatan Pemilihan Pengurus OSIS SMP Negeri 2 Ende Periode 2022/2023)


Ende, CAKRAWALANTT.COM - Guna menumbuhkan semangat demokrasi di lingkungan pendidikan, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Ende, Kabupaten Ende, menggelar Pemilihan Pengurus OSIS Periode 2022/2023, Sabtu (17/9/2022), serta melibatkan seluruh warga SMP Negeri 2 Ende. Kegiatan pemilihan tersebut merupakan bagian dari syarat Implementasi Kurikulum Merdeka yang mulai diterapkan pada peserta didik kelas VII tahun ini. Hal itu disampaikan oleh Kepala SMP Negeri 2 Ende, Maria Dominica Diona, S.Pd., saat ditemui di sela-sela kegiatan.

 

Maria menerangkan bahwa tema yang diusung pada momen tersebut adalah P5 Profil Pelajar Pancasila untuk satuan pendidikan, yakni Suara Demokrasi. Kegiatan pemilihan tersebut, ungkap Maria, merupakan tahap ketiga dari seluruh rangkaian proses, setelah sebelumnya para peserta didik dipersiapkan menjadi pemimpin melalui Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Dasar selama 2 hari. Di dalam sesi tersebut, ujarnya, para peserta didik mendapatkan masukan atau saran, melakukan debat melalui perwakilan setiap kelas, serta memilih tiga bakal calon yang akan mengikuti proses pemilihan. Pasca penetapan tersebut, sambung Maria, para bakal calon diberikan kesempatan untuk melakukan kampanye terkait visi, misi, dan program kerjanya.


 

“Kegiatan demokrasi pemilihan tersebut berjalan sesuai alur dimana demokrasi pemilihan yang dilakukan sekolah merupakan pesta demokrasi pada pemilihan umum. Ke depannya, sebagai pemimpin di sekolah akan memberikan secara maksimal untuk kegiatan pesta demokrasi selanjutnya. Semoga Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang terpilih ini harus tetap rendah hati dan jadilah sosok pemimpin yang bertanggung jawab, berakhlak mulia, memberikan teladan yang baik bagi siswa/siswi yang lain sesuai dengan visi dan misi pada satuan pendidikan,” tambah Maria.


Pada kesempatan yang sama, Koordinator Pembina OSIS SMP Negeri 2 Ende, Rafael Bale, S.Ag., menjelaskan bahwa proses pemilihan Pengurus OSIS tersebut masih merupakan hal yang baru bagi satuan pendidikan, sebab serupa dengan proses Pemilihan Umum (Pemilu) pada umumnya. Rafael juga menerangkan bahwa OSIS dan Pramuka SMP Negeri 2 Ende juga diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Untuk itu, Rafael berharap para pengurus yang telah terpilih bisa menjalankan tugas dengan baik sembari mewujudkan visi, misi, dan program kerjanya.


(Foto: Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMP Negeri 2 Ende Periode 2022/2023)

Sementara itu, kepada media ini, Ketua OSIS SMP Negeri 2 Ende Periode 2022/2023 (terpilih), Ernesta Rene, mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya meningkatkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang literasi melalui pembuatan Majalah Dinding (Mading), meningkatkan kegiatan kerja sama, mengadakan berbagai perlombaan, serta menggelar kegiatan-kegiatan produktif lainnya yang mampu membangun komunikasi di antara peserta didik.

 

“Dan juga para peserta didik akan diikutsertakan dalam setiap kegiatan di luar sekolah, sehingga nantinya akan mengharumkan nama baik sekolah. Semoga kita bisa meningkatkan mutu kerja OSIS dan melibatkan para peserta didik untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh SMP Negeri 2 Ende,” ujarnya saat didampingi oleh Wakil Ketua OSIS SMP Negeri 2 Ende Periode 2022/2023 (terpilih), Gracia M. H. Easter Bahan. (Jamil/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments