Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMA NEGERI 1 TANA RIGHU GELAR WORKSHOP PENULISAN KTI

 

Foto: Kepala SMA Negeri 1 Tana Righu, Getsia Bani saat memberikan sambutan pada pembukaan Workshop Penulisan KTI, Senin (25/7/2022)


Sumba Barat, CAKRAWALANTT.COM - Dalam meningkatkan kompetensi guru dan kreativitas peserta didik, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Tanah Righu menggelar Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) bagi para guru dan ragam penulisan kreatif bagi para peserta didik selama 3 hari, yakni Senin-Rabu (25-27/7/2022). Kegiatan workshop yang didukung oleh Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT tersebut dibuka secara resmi oleh Koordinator Pengawas (Korwas) SMA/SMK dan SLB Kabupaten Sumba Barat, Sarino, S.Pd, Senin (25/7/2022), didampingi oleh Kepala SMA Negeri 1 Tana Righu, Getsia Bani, S.Pd dan Pimpinan Umum MPC NTT, Gusty Rikarno.

 

Dalam sambutannya, Getsia memberikan apresiasi kepada semua pihak yang dengan caranya masing-masing telah mendukung penyelenggaraan Workshop Penulisan KTI di SMA Negeri 1 Tana Righu tersebut. Baginya, kegiatan tersebut merupakan momen berharga yang patut untuk didukung dan diimplementasikan guna menunjang pengimplementasian gerakan literasi di lingkungan sekolah. Hal itu, tegas Getsia, akan sangat berguna bagi para dan peserta didik di kemudian hari.

 

“Kegiatan workshop ini merupakan momen yang berharga dan patut untuk didukung. Tuntutan perkembangan zaman yang semakin pesat menuntut peningkatan kompetensi bagi guru dan kreativitas bagi peserta didik untuk menunjang kualitas warga sekolah. Apalagi, para peserta didik sekarang dituntut untuk mampu menulis Karya Tulis Ilmiah sebagai syarat kelulusan. Sedangkan, para guru wajib menulis untuk menunjang kenaikan pangkat,” tandas Getsia.

 

Sedangkan, di sisi senada, Gusty selaku Pimpinan Umum MPC NTT yang juga berperan sebagai narasumber juga turut memberikan apresiasi bagi seluruh warga SMA Negeri 1 Tana Righu yang telah berpartisipasi dan (ingin) berkomitmen dalam menyambut generasi emas NTT tahun 2050 melalui peningkatan budaya literasi. Untuk itu, dirinya berharap agar para peserta workshop di lembaga pendidikan tersebut bisa mengikuti semua tahapan kegiatan dengan baik.

 

“Literasi adalah cara terbaik untuk mewujudkan generasi emas NTT tahun 2050 dan sekolah adalah salah tempat penyemaian benih generasi-generasi emas guna mendukung NTT bangkit dan NTT sejahtera. Di tengah perkembangan abad 21, semua hal harus ditulis dan didokumentasikan dengan baik. Maka dari itu, semoga kita semua bisa berproses dengan baik selama kegiatan workshop ini berjalan,” ungkapnya.



Sementara itu, dalam arahan pembukaannya, Korwas SMA/SMK dan SLB Kabupaten Sumba Barat, Sarino, S.Pd, menyampaikan harapannya bag para guru dan peserta didik agar dapat mengikuti Workshop Penulisan KTI tersebut dengan baik selama 3 hari berselang. Menurutnya, literasi adalah sesuatu yang sangat penting dan tentunya harus selalu diasah, terutama di lingkungan pendidikan.

 

“Dewasa ini, literasi ibarat pisau yang tumpul karena jarang diasah. Literasi sebenarnya adalah bagian dari keseharian kita sehari-hari. Untuk itu, literasi harus diasah setiap hari agar semua tujuan dan program dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan bisa terwujud dengan baik,” tandas Sarino ketika membuka kegiatan workshop tersebut.

 

Pantauan media, Workshop Penulisan KTI tersebut melibatkan semua guru dan 50 peserta didik dari kelas X, XI, dan XII di SMA Negeri 1 Tana Righu. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments