Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

DORONG GENERASI MUDA BANGGA PUNYA PANCASILA, PUSPEKA KEMENDIKBUDRISTEK GELAR KAMPANYE DIGITAL

(Foto : Kemendikbudritek)


Jakarta, CAKRAWALANTT.COM - Bertepatan dengan Peringatan Hari Pancasila pada 1 Juni, Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar kegiatan Kampanye Digital (Digital Campaign Activity). Kampanye ini bertujuan untuk menyebarluaskan nilai-nilai pendidikan karakter yang diharapkan mampu mendorong generasi muda bangga terhadap Pancasila. Sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila yang gencar digaungkan, Puspeka memilih medium yang dekat dengan pelajar dalam membangkitkan nilai-nilai luhur Pancasila di tengah generasi muda.

 

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspeka Kemendikbud, Hendarman meyakini, ketika generasi muda sudah mengamalkan Profil Pelajar Pancasila, maka dengan sendirinya mereka akan memahami pentingnya Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

 

“Dengan demikian, diharapkan para Pelajar Pancasila akan Bangga Punya Pancasila,” tuturnya di Jakarta, Rabu (8/6).

 

Profil Pelajar Pancasila memiliki enam nilai, yaitu (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, (2) berkebinekaan global, (3) gotong-royong, (4) mandiri, (5) bernalar kritis, dan (6) kreatif.

 

Lebih lanjut, Hendarman mengatakan bahwa rangkaian kegiatan kampanye digital menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi dan menjadikan nilai luhur Pancasila sebagai acuan dalam menemukan solusi.

 

“Seperti kondisi yang bisa mengancam keselarasan dan kehidupan berbangsa dan bernegara dikarenakan tidak adanya pengetahuan serta pemahaman akan Pancasila itu sendiri yang menyebabkan adanya degradasi pemahaman dan pengamalan,” terangnya.

 

Hendarman berharap, melalui kegiatan ini, para generasi muda khususnya tidak hanya sekadar mengetahui apa saja nilai-nilai Pancasila namun juga tergerak untuk mengamalkan nilai luhur tersebut di dalam kesehariannya.

 

“Dengan mendekatkan Pancasila dengan elemen-elemen berkehidupan sehari-hari di kalangan generasi muda, maka mereka bisa dekat dan bangga dengan menjalankan ideologi Pancasila dalam keseharian mereka,” ujarnya optimistis.

 

Berbagai rangkaian kegiatan Kampanye Digital digagas dalam bentuk berbagai lomba yang bertujuan untuk meningkatkan kontribusi generasi muda dalam mengaplikasikan semangat jiwa Pancasila yang sejalan dengan nilai profil pelajar pancasila. Selain itu untuk menyebarluaskan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan lomba dengan menampilkan kemampuan artistik dan perspektif kreatif. Diharapkan melalui cara-cara yang lebih menarik itu generasi muda dapat lebih memahami nilai-nilai luhur Pancasila serta mampu melaksanakan peran dan tanggung jawabnya untuk menjunjung tinggi ideologi bangsa dan negara.

 

Adapun gelaran lomba akan dimulai pada 8 s.d. 26 Juni 2022, yaitu Lomba Mewarnai untuk usia PAUD-SD serta Lomba Kreasi Post Story Instagram dengan menggunakan fitur stiker di Instagram untuk usia SMP, SMA/SMK, Perguruan Tinggi, dan masyarakat umum. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui Instagram Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI @cerdasberkarakter.kemdikbudri. (Kemendikbudristek/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments