Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

TINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK, SMA NEGERI KUALIN DAN SMA NEGERI TOINEKE GELAR WORKSHOP LITERASI

 

Para peserta didik sedang menyusun laporan berita sederhana, Jumat (20/5/2022).


TTS, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka meningkatkan keterampilan menulis peserta didik, SMA Negeri Kualin dan SMA Negeri Toineke menggelar Kegiatan Workshop Literasi selama 3 hari, yakni Kamis-Sabtu (19-21/5/2022). Kegiatan Workshop Literasi yang berlangsung di SMA Negeri Kualin tersebut juga diikuti oleh para guru dari SMA Negeri Kualin dan SMA Negeri Toineke bersama Pembimbing dari Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT.

 

Menurut Pembimbing Kegiatan, Mario Djegho, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan menulis para peserta didik melalui pemberian beberapa materi, seperti penulisan autobiografi dan laporan berita sederhana.

 

Pada hari pertama, Kamis (19/5/2022), para peserta didik diarahkan dan dibimbing untuk menggambarkan dan menjelaskan identitas diri melalui sebuah permainan objek. Para peserta didik juga dituntun untuk mampu menuliskan surat kepada orang tua beserta impian yang akan dicapai di kemudian hari. Semua hal tersebut menjadi bagian dalam materi penulisan autobiografi.

 

Pada saat pemberian materi autobiografi, para peserta didik tampak terhanyut dalam perasaan karena teringat kedua orang tua. Para peserta diarahkan untuk dapat menjelaskan dirinya sembari menuliskan surat kepada orang tua dan menyematkan impian di dalam autobiografi masing-masing.  

 

Lebih lanjut, pada hari kedua, Jumat (20/5/2022), para peserta didik dituntun dan diarahkan untuk menyusun laporan berita sederhana. Di dalam laporan tersebut, para peserta dibimbing untuk memberitakan jalannya kegiatan selama dua hari.

 

Untuk diketahui, kegiatan bersama para peserta didik dari SMA Negeri Kualin dan SMA Negeri Toineke tersebut berjalan dengan baik serta akan berakhir pada hari ketiga, Sabtu (21/5/2022). (Nindi Imelda Nomleni, Peserta Didik Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Toineke)


Post a Comment

0 Comments