Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

GENCARKAN GLS, 3 SMA DI ROTE NDAO GELAR WORKSHOP LITERASI

 

Foto : Dokumentasi Kegiatan.



Rote Ndao, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka menggencarkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS), 3 Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Rote Ndao, yakni SMA Kristen Siloam Ba’a, SMA Negeri 1 Rote Tengah, dan SMA Kristen Tongkat Harun menggelar Kegiatan Workshop Literasi bagi para guru dan peserta didik selama 3 hari, yakni Senin-Rabu (30/5-1/6/2022). Kegiatan yang didukung oleh Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT tersebut berlangsung secara tatap muka di SMA Kristen Siloam Ba’a serta dihadiri oleh Bunda Literasi Kabupaten Rote Ndao, Lona Apdiana Saek-Ngginak.

 

Dalam sambutannya, Lona mengungkapkan bahwa untuk membangun budaya literasi sekolah dibutuhkan kerja sama dari semua pihak, terutama guru dan peserta didik. Literasi, ujarnya, juga harus mampu menumbuhkembangkan budaya budi pekerti. Untuk itu, tegasnya, guru harus menjadi penggerak dan garda terdepan bagi nusa dan bangsa, sedangkan para peserta didik, sambung Lona, harus menjadi generasi emas di masa mendatang.

 

Selain itu, Lona juga mendorong agar semua pihak bisa mengadakan pojok baca di dalam lingkungan sekolah dan keluarga untuk meningkatkan aktivitas membaca.  

 

“Pojok baca bukan hanya di sekolah tetapi juga di rumah. Membaca adalah hal baik untuk membangun diri sendiri. Ke depannya, catatan digital yang anda tuliskan hari ini akan sangat berpengaruh untuk ke depannya. Hand phone digunakan untuk hal positif digunakan untuk membaca,tandas Lona.

 


Sementara itu, Pimpinan Umum MPC NTT, Gusty Rikarno menuturkan bahwa pihaknya akan terus mengakarkan budaya literasi guna menyambut generasi emas di masa mendatang. Selama 3 hari tersebut, sambung Gusty, Tim Formator MPC NTT akan memberikan pelatihan dan bimbingan teknis terkait penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) bagi para guru dan ragam tulisan kreatif bagi peserta didik. 


“Kami memulai literasi dengan jantung semesta. Jantung semesta adalah sekolah dengan peserta didik yang merupakan generasi emas ke depannya. Untuk peserta didik, selain literasi baca dan tulis, mereka juga harus bijak menggunakan smart phone untuk hal-hal yang bermaanfaat,tambah Gusty.

 

Pantauan media, turut hadiri dalam kegiatan tersebut, Kepala SMA Kristen Siloam Ba’a Jane Irene Mooy, S.Pd; Kepala SMA Negeri 1 Rote Tengah, Victorio R. Nale, S.Pd; dan Kepala SMA Kristen Tongkat Harun, Adrianus Goma, S.Pd. (Dian/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments