Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

USBN HARI PERTAMA DI SMK NEGERI 1 ILE APE BERJALAN BAIK

 

Suasana USBN hari pertama di SMK Negeri 1 Ile Ape, Selasa (19/4/2022).


Lembata, CAKRAWALANTT.COM - Pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) hari pertama di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Ile Ape berjalan dengan baik dan tertib, Selasa (19/4/2022). Hal itu disampaikan oleh Kepala SMK Negeri 1 Ile Ape, Mikael Segegit, S.Pd kepada media ini. Menurutnya, penyelenggaraan USBN di SMK Negeri 1 Ile Ape telah melewati berbagai persiapan yang dibuat secara matang oleh Panitia Penyelenggara USBN.   

 

“Ujian ini membutuhkan komitmen dan kualitas. Para peserta ujian adalah peserta didik kelas XII angkatan 14. USBN sudah dipersiapkan secara matang, seperti ruangan, kondisi hand phone, dan juga jaringan internet. Proses penyelenggaraan pada hari pertama sangat baik waulaupun ada sedikit perbaikan jaringan hand phone. Semua itu telah dirancang baik oleh pihak kurikulum selaku ketua panitia, yakni Bapak Paulus Geradus Hurint, S.T.,Gr beserta dewan guru dan tenaga kependidikan,” ungkap Mikael.

 

Kepala SMK Negeri 1 Ile Ape, Mikael Segegit, S.Pd. 


Lebih lanjut, terang Mikael, proses pengawasan ujian dilakukan dengan menerapkan sistem silang antar SMK, dimana SMK Negeri 1 Ile Ape mendapatkan 12 orang pengawas dari luar sekolah, yakni  SMK Negeri 1 Lewoleba dan SMKS Ile Lewotolok. Sebelum USBN digelar, sambung Mikael, pihaknya mewajibkan peserta ujian untuk melakukan scan barcode agar bisa memperoleh naskah soal. Dalam pelaksanaannya, terang Mikael, pihak panitia melakukan pengacakan soal dan menggunakan aplikasi Xambro untuk mencegah terjadinya kecurangan.

 

Untuk diketahui, proses ujian di SMK Negeri 1 Ile Ape akan berlangsung dalam 2 tahap, yakni Ujian Teori dan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) sesuai dengan Kurikulum 2013 (K-13). UKK sendiri akan digelar pada 4 Mei 2022 mendatang selama 2 minggu berselang guna memperoleh sertifikat keahlian. Para peserta ujian berjumlah 119 orang dan tersebar di 6 kompetensi keahlian, yakni Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Kriya Kreatif Kayu dan Rotan (K3R), Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP), Bisnis Konstruksi dan Properti (BKP), Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), dan Teknik Jaringan Tenaga Listrik (TJTL). (Rofinus R. Roning/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments