Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMP NEGERI 3 BOLENG GELAR UJIAN PRAKTIK PENGOLAHAN MAKANAN TRADISIONAL

Foto : Dokumentasi Kegiatan


Manggarai Barat, CAKRAWALANTT.COM - Guna meningkatkan kualitas potensi lokal, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Boleng menggelar Ujian Praktik Pengolahan Makanan Tradisional bagi peserta didik kelas IX, Selasa (12/4/2022). Ujian yang berfokus pada pengolahan potensi di sekitar tempat tinggal peserta didik tersebut merupakan bagian dari upaya pihak sekolah dalam mendukung program Pemerintah Daerah (Pemda). Hal itu disampaikan oleh Kepala SMP Negeri 3 Boleng, Robertus Rudin, S.Fil.

 

“Saat ini program Pemerintah Daerah (Pemda) dalam pengembangan dan pemajuan potensi lokal sangatlah diprioritaskan. Apalagi Manggarai Barat ini sudah menjadi daerah pariwisata superprioritas. Oleh karena itu, lembaga pendidikan juga punya tanggung jawab untuk mendukung program pemerintah tersebut. Salah satunya adalah dengan menanamkan dalam diri peserta didik rasa cinta terhadap kekayaan lokal yang ada dalam kehidupannya sehari hari, seperti contohnya makanan,” ungkap Robertus.



Dalam pelaksanaannya, lanjut Robertus, para peserta didik diarahkan untuk mengolah makanan tradisional (lokal), seperti rebok, serabe, wajik, dan kolak. Selain itu, imbuhnya, para peserta didik harus mampu mengolah bahan-bahan yang tersedia dari daerah tempat tinggalnya masing-masing. Hal itu, tegas Robertus, mampu meningkatkan daya inovasi peserta didik dalam mengolah sekaligus memperkenalkan berbagai jenis makanan lokal.

 

“Saya selaku kepala sekolah sangat ingin melihat inovasi dari peserta didik saya terkait pengelolahan makanan lokal yang merupakan potensi besar untuk diperkenalkan sebagai sebuah bentuk kuliner dalam daerah superprioritas ini. Mungkin suatu saat nanti hasil kreativitas dan inovasi mereka dalam mengelolah makanan lokal ini banyak diminati oleh para wisatawan maupun masyarakat di tempat ini,” pungkas Robertus. (Frein/Yulthi/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments