Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PATELKI SIKKA GELAR BAKTI SOSIAL DI WILAYAH BOGANATAR

 

Foto : Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI) Kabupaten Sikka.


Sikka, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-36 Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI), Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PATELKI Kabupaten Sikka menggelar bakti sosial di Wilayah Boganatar, Minggu (24/4/2022). Kegiatan bakti sosial berupa pemeriksaan golongan darah bagi masyarakat tersebut berlangsung di Aula Gereja Paroki St. Yohanes Pemandi Boganatar.

 

Kepada media ini, Ketua DPC PATELKI Kabupaten Sikka, Arnoldus Yansen Nurak, AMAK mengatakan bahwa pemeriksaan golongan darah merupakan salah satu jenis kegiatan yang biasa dilakukan oleh Ahli Tenaga Laboratorium Medik (ATLM) dengan tujuan untuk mengetahui jenis golongan darah dari orang yang diambil sampel darahnya dan diperiksa.  

 

“Kartu Golongan Darah menjadi salah satu dokumen yang sangat penting bagi setiap warga yang mengurus dokumen Kartu Keluarga (KK), pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM), persyaratan untuk mendaftar sekolah bagi setiap anak, kelengkapan lain untuk identitas diri, dan yang paling penting adalah ketika warga mendapatkan layanan kesehatan yang berhubungan dengan transfusi darah atau sejenisnya,” sambung Arnoldus.


Suasana pemeriksaan golongan darah gratis bagi masyarakat di Aula Gereja Paroki St. Yohanes Pemandi Boganatar. 

Sementara itu, dalam sambutannya, Koordinator Kegiatan Bakti Sosial PATELKI Kabupaten Sikka, Sr. Veridiana Misales, S.Tr.Kes menyampaikan limpah terima kasih kepada semua pihak, terutama Pastor Paroki St. Yohanes Pemandi Boganatar, pihak Pemerintah Desa (Pemdes), Kepala Puskesmas Boganatar, dan masyarakat sekitar yang telah mendukung terlaksananya pemeriksaan golongan darah tersebut.    

 

“Kehadiran kami di sini sebagai Ahli Tenaga Laboratorium Medik (ATLM) yang tergabung dalam organisasi Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI) Cabang Sikka. Dalam rangka mengambil bagian dalam kegiatan Pekan Teknologi Laboratorium Medik (TLM) Nasional, dan terlebih untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-36 PATELKI yang jatuh pada tanggal 26 April 2022, DPC PATELKI Cabang Sikka melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa bakti sosial layanan pemeriksaaan golongan darah gratis untuk masyarakat di Wilayah Paroki Boganatar.”

 

Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan ini, terkhusus masyarakat Boganatar dan sekitarnya, para pemerintah desa, pastor paroki, kepala puskesmas, dan semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu,” demikian penjelasan Sr. Veridiana.



Adapun kegiatan bakti sosial pelayanan pemeriksaan golongan darah gratis tersebut menyasar 500 warga yang tersebar di beberapa desa, yakni Desa Kringa, Desa Ojang, Desa Timutawa, dan Desa Hikong. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala UPT. Puskesmas Boganatar, Maria Yukensi Pogon, A.Md., Keb, Pastor Paroki St. Yohanes Pemandi Boganatar, P. Yeremias Koten, SVD, Sr. Veridiana Misales, S.Tr.Kes beserta rombongan anggota DPC PATELKI Kabupaten Sikka, para kepala desa, dan masyarakat setempat. (PR PATELKI Sikka/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments