Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

KUNKER DI KELURAHAN NANGALIMANG, BUPATI SIKKA BAGIKAN KARTU JAMINAN KESEHATAN

Bupati Sikka dan Lurah Nangalimang bersama para penerima manfaat kartu jaminan kesehatan di Kelurahan Nangalimang.   


 

Sikka, CAKRAWALANTT.COM - Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos.,M.Si melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Keluarahan Nangalimang, Senin (14/2/2022). Kunjungan tersebut juga diisi dengan pembagian kartu jaminan kesehatan, seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Sikka Sehat secara simbolis kepada 94 penerima manfaat di Kelurahan Nangalimang. Acara pembagian tersebut turut disaksikan oleh Lurah Nangalimang, Aloysius Gonzaga Nong Parera, S.Sos. 

 

Dalam sambutannya, Fransiskus mengatakan bahwa kartu jaminan kesehatan merupakan hak semua warga masyarakat, terutama warga Kabupaten Sikka. Kartu tersebut, imbuhnya, berguna untuk membantu semua elemen masyarakat dalam penanganan urusan kesehatan di rumah sakit. Untuk itu, terang Fransiskus, pihaknya menekankan perlu adanya validasi data kependudukan yang baik, sehingga masyarakat wajib melakukan pelaporan diri ke Dinas Sosial Kabupaten Sikka.

 

“Pemerintah hadir untuk membantu masyarakat dalam kaitan dengan urusan kesehatan karena masyarakat sudah menjalankan kewajibannya, yaitu membayar pajak. Untuk itu, segera melapor ke Dinas Sosial Kabupaten Sikka bagi yang belum memiliki kartu jaminan kesehatan,” tegasnya.


Secara simbolis, Bupati Sikka membagikan Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Sikka Sehat kepada penerima manfaat.

 

Lebih lanjut, ujar Fransiskus, pihaknya berencana membangun rumah sakit tanpa kelas di Kecamatan Doreng Kabupaten Sikka. Selain itu, terkait tingkat vaksinasi, Fransiskus menerangkan bahwa presentasi vaksinasi di Wilayah Kabupaten Sikka telah mencapai 87% dan masih tersisa 23%. Maka dari itu, harapnya, masyarakat Kabupaten Sikka wajib memperhatikan dan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

 

”Bagi warga yang ingin melakukan vaksinasi booster silahkan mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pelayanan vaksin,” pungkasnya.

 

Sementara itu, selaku Lurah Nangalimang, Aloysius sangat mengapresiasi upaya strategis Bupati Sikka dalam memperhatikan keadaan masyarakat, terutama dalam urusan kesehatan. Pembagian kartu secara simbolis tersebut, ungkapnya, bisa memudahkan pelayanan kesehatan masyarakat di berbagai fasilitas kesehatan.

 

Untuk itu, Aloysius menjelaskan bahwa pihaknya akan terus berupaya untuk melakukan proses input data kependudukan dalam program Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DKTS) guna memastikan data kependudukan dan status sosial terendah. 



Di sisi lain, salah satu penerima manfaat, Yohanis Don Bosko menuturkan bahwa pembagian kartu tersebut sangat berguna dalam mengurus kebutuhan kesehatan. Senada dengan itu, salah satu warga Kelurahan Nangalimang, Theresia Minca turut mengapresiasi pembagian kartu tersebut. Baginya, kartu tersebut berguna untuk mempermudah segala urusan kesehatan di fasilitas kesehatan dan rumah sakit.

 

Untuk diketahui, acara tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Sosial beserta Staf Kabupaten Sikka, Lurah beserta Staf Kelurahan Nangalimang, 94 peserta penerima manfaat kartu jaminan kesehatan, Tokoh Masyarakat Nangalimang, Kader Posyandu, serta Pengurus RT/RW se-Wilayah Kelurahan Nangalimang. (Sebastianus Kopong/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments