Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

FERDINANDUS JON : KEDISIPLINAN PENTING DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER

Kepala SMP Negeri Alkani, Drs. Ferdinandus Jon.

 

Malaka, CAKRAWALANTT.COM - Guna menunjang proses pengembangan karakter peserta didik, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Alkani terus meningkatkan aspek kedisplinan di dalam lingkungan pendidikan. Hal itu diutarakan oleh Kepala SMP Negeri Alkani, Drs. Ferdinandus Jon ketika ditemui oleh media ini, Kamis (24/2/2022). Menurutnya, kedisiplinan merupakan kunci utama dalam membangun karakter  semua warga sekolah, baik peserta didik, guru, maupun tenaga pendidik.

 

Ferdinandus juga menuturkan bahwa aspek kedisiplinan bisa diterapkan dalam kegiatan membaca dan menulis. SMP Negeri Alkani, imbuhnya, memiliki rutinitas membaca selama 15 menit sebelum Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) berlangsung. Para peserta didik, terangnya, harus dibiasakan membaca sejak dini, baik dari bahan pembelajaran maupun Kitab Suci. Dari kegiatan membaca dan menulis tersebut, sambung Ferdinandus, para peserta didik bisa menyalurkan semua ide dan gagasannya ke dalam bentuk tulisan serta dipublikasikan di setiap edisi Majalah Dinding (Mading).

 

Lebih lanjut, terang Ferdinandus, pihak sekolah juga turut menerapkan aspek kedisiplinan dalam kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Hal itu, imbuhnya, bisa melatih para peserta didik untuk mengembangkan minat dan bakatnya secara disiplin dan bertanggung jawab. Untuk itu, tegasnya, kerja sama yang baik antara orang tua, guru, dan peserta didik harus saling menunjang dan mendukung demi terwujudnya harapan tersebut. 

 

“Bagi saya, disiplin itu sekali lagi menjadi prioritas. Sebab, setelah menjadi guru, saya selalu datang lebih awal, tertib masuk kelas, dan pulang pada waktunya. Dengan demikian, kedisiplinan yang saya miliki saya terapkan untuk para guru dan peserta didik,” ujarnya.

 

Ferdinandus juga mengungkapkan bahwa pihak sekolah akan mengadakan berbagai macam perlombaan, seperti lomba membaca, menulis, menjaga kebersihan, dan menanam bunga guna mengasah kedisiplinan dan karakter para peserta didik. (Felix Natu/MDj/red)  


Post a Comment

0 Comments