Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

MULOK DAN PEMILIHAN DUTA "SARE DAME"

 

Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday sedang menikmati hasil kerajinan tangan berbasis kearifan lokal.



Lembata, CAKRAWALANTT.COM - Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday bertekad untuk menggali potensi generasi muda guna mencari penerus Bintang Duta Sare Dame dari putra dan putri Lamaholot-Kedang di tahun 2022 ini. Ajang pemilihan tersebut akan melibatkan seluruh generasi muda Lembata untuk mengampanyekan edukasi kurikulum Muatan Lokal (Mulok). Nilai sare dame sendiri merupakan sebuah kumparan pendidikan yang telah berada di dalam bingkai filsafat Pancasila serta termuat dalam aturan terkait kurikulum Mulok.

 

Penetapan kurikulum Mulok menjadi kewenangan Pemerintah Daerah (Pemda) sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Peraturan Daerah dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 79 Tahun 2014 tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013. Dalam kajiannya, kurikulum Mulok akan mencakup bahasa daerah, Bahasa Inggris, kesenian daerah, keterampilan dan kerajinan daerah, adat istiadat, pengetahuan tentang karakteristik lingkungan alam sekitar, serta hal-hal yang dianggap perlu oleh daerah bersangkutan.

 

Berdasarkan Permendikbud Nomor 79 Tahun 2014, Mulok adalah bahan kajian atau mata pelajaran pada satuan pendidikan yang berisi muatan dan proses pembelajaran tentang potensi dan keunikan lokal. Hal ini dimaksudkan agar pemahaman peserta didik terhadap keunggulan dan kearifan di daerah tempatnya tinggal bisa terbentuk. Maka dari itu, Mulok harus diajarkan sejak dini pada semua jenjang pendidikan, sebab semakin cepat proses pengajarannya, maka semakin kuat pula proses penanaman nilai-nilai budayanya.


Seorang ibu sedang memanfaatkan kearifan lokal daerah setempat.

 

Secara umum, Mulok bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap hidup kepada peserta didik agar memiliki wawasan tentang lingkungan dan masyarakat sesuai dengan nilai yang berlaku di daerah tersebut sekaligus mendukung kelangsungan pembangunan daerah dan nasional. Mulok diperlukan untuk menunjang proses pelestarian budaya, pengembangan kebudayaan, serta pengubahan sikap lingkungan. Selain itu, dalam konteks pembelajaran, Mulok bisa melatih daya berpikir analitis peserta didik sambil mengembangkan potensi yang dimilikinya.

 

Suksesi pemilihan duta sare dame bisa menghadirkan para pendidik untuk menyatukan pendapat dan menganalisa kurikulum berbasis kearifan lokal. Salah satu halangan tersendatnya pengimplementasian kualitas pendidikan Mulok adalah kurangnya kerja kolaboratif di antara semua lembaga pendidikan pada Wilayah Kabupaten Lembata. Secara umum, jumlah lembaga pendidikan dasar dan menengah di Kabupaten Lembata adalah sebagai berikut :



 

Dari jumlah tersebut, bila semua lembaga pendidikan mau turut berkontribusi dan bersinergi dalam memajukan kurikulum berbasis budaya lokal, maka program dan target yang ingin dicapai bisa terus berlanjut. Maka dari itu, pada Maret 2022 mendatang, program Bupati Lembata tersebut akan dikaji secara baik dan potensial. Semua pihak pun diminta untuk turut bergandengan tangan dalam mendukung program festival budaya pada Maret 2022 mendatang. (Roning R. Rofinus/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments