Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

DINAS PKO SIKKA DORONG PROGRAM GERAKAN SIKKA BELAJAR

 

Ilustrasi : Orang tua sedang membimbing anaknya dalam kegiatan belajar di lingkungan rumah. 



Sikka, CAKRAWALANTT.COM - Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Kabupaten Sikka siap mendorong program Gerakan Sikka Belajar. Program tersebut akan diaktualisasikan dalam pemberlakuan jam wajib belajar malam di masa pandemi Covid-19, yakni setiap pukul 18.00-20.00 Wita. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas PKO Kabupaten Sikka, Herry Sales kepada media ini, Sabtu (22/1/2022).

 

Herry mengatakan bahwa pihaknya kini sedang mempersiapkan kebijakan tersebut bagi semua pelajar di jenjang PAUD, SD dan SMP di Wilayah Kabupaten Sikka. Untuk itu, tegasnya, peran orang tua sangatlah penting dalam menunjang proses belajar malam bagi anak di lingkungan keluarga. Untuk itu, sambungnya, orang tua harus turut membantu anaknya sambil mengawasi kondisi dan suasana belajar di dalam rumah. 

 

“Jadi jam wajib belajar malam hanya dua jam. Televisi, internet dan telepon genggam dimatikan sementara. Ini bisa membantu anak-anak untuk tekun belajar dan fokus dalam belajar,” tutur Herry.

 

Lebih lanjut, terang Herry, pihaknya kini sedang berkoordinasi dengan para pengawas sekolah, akademisi di bidang pendidikan, serta orang tua atau wali peserta didik guna melakukan audiensi dan diskusi terkait format kebijakan jam wajib belajar malam. Dari hasil diskusi tersebut, lanjutnya, akan ditetapkan satu pedoman jam wajib belajar malam guna menyukseskan program Gerakan Sikka Belajar.

 

“Kalau format sudah ada terkait pedoman wajib belajar malam, nantinya pihak sekolah terlebih dahulu melakukan sosialisasi dengan mengundang para orang tua peserta didik agar memahami prosedur dan bisa diberlakukan jam wajib belajar ini,” pungkas Herry. (Sebastianus Kopong/MDj/red)


Post a Comment

0 Comments