Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

WARGA DESA BOUR SAMBUT PEMIMPIN BARU

 




Lembata, CAKRAWALANTT.COM - Kepala Desa (Kades) Bour, Konrardus T. L. Sura, S.Fil yang baru dilantik oleh Bupati Lembata pada Selasa (28/12/2021) disambut dengan meriah oleh warga Desa Bour. Didampingi sang istrinya, Ny. Selfi Sura, Konrardus menerima sambutan hangat yang diberikan oleh warganya tersebut. Semua warga desa berbondong-bondong mengucapkan syukur atas pelantikan tersebut sekaligus memohon restu agar masa kepemimpinan kades yang baru bisa berjalan secara baik.

 

Acara syukuran tersebut diawali dengan prosesi adat setempat, dimana pemimpin baru harus dipinang secara adat sebagaimana tradisi yang telah diwariskan oleh leluhur terdahulu. Saat itulah, sang pemangku tanah atau hak ulayat mengadakan sesajian melalui simbol pemotongan pita sembari diikuti oleh pengucapan kalimat-kalimat ritus oleh Kepala Adat Tanah Bour, Gerardus Wolor dalam Bahasa Lamaholot Desa Bour.

 

“Para Leluhur tanah alam bumi dan langit, kuasa dan kekuatan menjadi saksi hidup. Pada hari ini, bapak, mama leluhur melihat, mendengar anak-anak yang berkanjang. Hari ini putra terbaik Desa Bour sudah menjadi pemimpin desa ini. Berikan kekuatan dan kesehatan jiwa dan raga untuk menabur benih di tanah ini menjadi lebih subur dan kuat,”

 

Satukan hati kami semua untuk saling bahu membahu menjaga kesucian tanah milik nenek moyang. Titipkan kepintaran untuk membuka pikiran masyarakat untuk berjalan pada satu titik jalan dan melangkah dari satu jalan lurus dan menyatukan kami pada garis lingkaran persatuan,” ucap Gerardus dengan penuh syukur.

 

Setelah itu, Konrardus disuguhi tuak, sirih dan pinang, serta tembakolo sebagai simbol dan sumber kekuatan. Usai menerima suguhan tersebut, beberapa orang muda Desa Bour melantunkan musik gong dan gendang sembari mengantarkan kades baru ke dalam tenda suka cita. Iringan tersebut juga diselingi dengan tari-tarian.

 

Acara syukuran tersebut juga dihadiri oleh mantan Kepala Desa Bour, Markus Lawit beserta Ketua BPD Bour. Dalam wejangan, keduanya berpesan agak pemimpin desa yang baru dilantik bisa membangun desa sekaligus melanjutkan estafet kepemimpinan dan program yang telah dijalankan. Selain itu, tandas keduanya, pemimpin yang baru juga harus menjaga nilai budaya dan adat istiadat yang berlaku di Tanah Bour agar tetap lestari hingga generasi berikut.



Harapan Bijak Kepala Desa Terlantik

 

Dalam sambutannya, Konrardus selaku kades yang baru mengucapkan limpah terima kasih bagi antusias warga yang telah menyambut dirinya dengan keterbukaan dan ketulusan hati. Ia berharap agar masyarakat bisa berjalan bersama dalam membangun Desa Bour sesuai potensi yang dimiliknya, baik dari segi agraria, pariwisata, maupun kebudayaan. Oleh sebab itu, sambungnya, semua potensi yang ada harus dikembangkan agar bisa memperoleh peluang yang menguntungkan. 

 

“Terima kasih bagi masyakat yang sudah menyambut kehadiran dengan tangan terbuka dan hati yang suci serta tulus. Tanpa bapak, mama, kaum muda dan anak-anak, saya pasti tidak akan ada di sini menjadi kepala desa. Acara yang dibuat oleh panitia sangat sempurna,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut, pungkasnya, dalam masa pemerintahan 6 tahun ke depan, semua pihak harus memanfaatkan alokasi uang negara dengan jujur dan bertanggung jawab, sehingga proses pembangunan di Desa Bour bisa berjalan sebagaimana mestinya.

 

Teks dan Foto : Rofinus R. Roning

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments