Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMK STA. MATHILDA MAUMERE SIAP BAGIKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

 




Sikka, CAKRAWALANTT.COM - Wakil Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sta. Mathilda Maumere, Kolumbanus Krai, S.Sos menuturkan bahwa pihak SMK Sta. Mathilda Maumere akan membagikan hasil belajar (raport) peserta didik pada Januari 2022 mendatang. Menurutnya, peserta didik memiliki hak paten untuk memperoleh hasil belajar selama mengikuti proses pembelajaran di sekolah tersebut. Hal itu diutarakannya ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (23/12/2021).

 

Kolumbanus menegaskan bahwa hasil belajar atau nilai pada laporan pendidikan merupakan bentuk pertanggungjawaban lembaga pendidikan secara moral dan akademis kepada orang tua atau wali peserta didik. Dalam proses pembelajaran, imbuhnya, pihak SMK Sta. Mathilda Maumere mengikuti standar Kurikulum 2013 (K-13), dimana penilaian akan disesuaikan secara bertahap, baik dari proses pemeriksaan, analisis, penentuan hingga keputusan akhir pada nilai rapor.

 

“Nilai rapor adalah bentuk pertanggungjawaban sekolah secara moral dan akademis kepada orang tua peserta didik. Proses penilaian tersebut sesuai dengan standar kurikulum dimana selama proses pembelajara kami menggunakan K-13,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut, terang Kolumbanus, berdasarkan K-13, setiap peserta didik wajib mengikuti pembelajaran, mengerjakan tugas, mengikuti ulangan, serta mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) dan ujian kenaikan kelas. Hal itu, tandasnya, akan membantu para guru untuk menentukan dan memutuskan nilai pada hasil belajar peserta didik.

 

Proses penentuan nilai, ujar Kolumbanus, juga didasari oleh hasil kerja peserta didik. Di samping itu, sambungnya, pendidikan berdasarkan K-13 juga mengedepankan aspek spiritual dan sosial, khususnya pada Mata Pelajaran Agama serta Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Sedangkan, untuk mata pelajaran kejuruan, jelasnya, pihak sekolah sangat menekankan penilaian pada aspek keterampilan dan sikap.

 

Untuk diketahui, pihak SMK Mathilda Maumere akan melakukan pembagian hasil belajar peserta didik atau rapor pada Januari 2022 sambil menunggu jadwal resmi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT.  

 

Berita dan Foto : Sebastian Kopong

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments