Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI UNWIRA KUPANG GELAR PAMERAN PRODUK PANGAN LOKAL

 



Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Ilmu Bioteknologi merupakan satu mata kuliah pilihan bagi para mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Biologi Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang. Hal ini diungkapkan oleh Hildegardis Missa, salah seorang dosen yang mengasuh mata kuliah tersebut kepada media ini melalui aplikasi WhatsApp, Jumad, (17/12/2021).

 

“Bioteknologi tersebut merupakan mata kuliah pilihan pada Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik Widya Mandira (UNWIRA) Kupang,” tandasnya.

 

Dirinya juga menjelaskan bahwa pada tahun 2021 ini terdapat 46 mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi pada semester 5 dan 7 yang memprogramkan mata kuliah tersebut sehingga para mahasiswa diajarkan tentang pentingnya Ilmu Bioteknologi dalam kehidupan sehari-hari.

 

Menurutnya, bioteknologi tersebut dibagi dalam dua bagian, yaitu bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern. Para mahasiswa, ujarnya, dibimbing untuk membuat produk bioteknologi konvensional dengan memanfaatkan pangan lokal guna menghasilkan beberapa produk berupa minuman beralkohol.

 


Produk tersebut, jelasnya, terdiri dari beberapa bahan dasar, seperti mangga, jahe merah dan kulit nanas serta kerupuk. Selain itu, lanjutnya, terdapat juga kerupuk dengan bahan dasar berupa strawberry, wortel, gonggol pisang, daun jambu, dan dosol buah naga.

 

Hildegardis menambahkan produk tersebut memiliki namanya masing-masing dan hal tersebut tentunya bertujuan agar para mahasiswa tidak hanya mengetahui hal-hal yang bersifat teoretis tetapi juga hal-hal yang tergolong praktis.

 

“Tidak hanya teori tetapi juga praktik sehingga mahasiswa dapat mengolah bahan-bahan pangan menjadi sesuatu yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan kreativitas mahasiswa dapat dilatih di bangku perkuliahan,tambahnya.

 

Sedangkan, salah satu mahasiswa yang tidak mau menyebutkan namanya mengungkapkan kegembiraannya karena dari mata kuliah tersebut, dirinya dapat mengetahui banyak hal.

 

Selain itu, dirinya juga merasa senang karena pada hari Jumad (17/12/2021) mereka dapat menggelar pameran hasil produk pangan lokal di ruang Prodi Pendidikan Biologi Unwira

 

Berita dan foto : Albert Baunsele

Berita dan Foto : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments