Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

GURU PENGGERAK SE-MANGGARAI BARAT GELAR BIMTEK LITERASI

 



Manggarai Barat, CAKRAWALANTT.COM - Para guru penggerak tingkat Kabupaten Manggarai Barat menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Gerakan Literasi dan Publikasi Ilmiah Guru, Jumat (17/12/2021). Kegiatan yang berlangsung secara tatap muka tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua PGRI Kabupaten Manggarai Barat, Albertus Kabung, S.Pd.,M.Hum. dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

 

Dalam arahannya, Albertus menegaskan bahwa para guru penggerak perlu memperoleh banyak informasi dan mengelolanya sambil bergerak, bertindak, serta saling berbagi pengetahuan, terkhususnya menyangkut kehidupan literasi.

 

Guru penggerak perlu mendapat banyak informasi, mengelolah, bergerak untuk bertindak, serta berbagi ilmu pengetahuan khususnya tentang kehidupan literasi,” ujarnya.

 

Kehadiran guru penggerak, tutur Albertus, diharapkan mampu menjadi katalis perubahan pendidikan dengan menggerakan komunitas belajar bagi rekan guru di sekolahnya masing-masing. Selain itu, tegasnya, para guru penggerak harus bisa berkolaborasi secara bersama-sama guna meningkatkan kehidupan literasi di lingkungan sekolah, sehingga harapan akan terwujudnya generasi emas NTT di 2050 mendatang bisa tercapai.



Lebih lanjut, jelasnya, para guru sebenarnya memiliki sertifikasi untuk menunjang proses peningkatan profesionalitasnya, tetapi belum memenuhi harapan. Oleh sebab itu, tandasnya, melalui kegiatan bimtek dan pelatihan tersebut, para guru bisa mengasah kemampuannya guna mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

 

Sertifikasi guru sebenarnya merupakan suatu program untuk meningkatkan profesionalisme guru, namun kenyataannya mungkin tidak sesuai dengan harapan,” tukasnya.

 

Semoga dengan kehadiran guru penggerak dan pelatihan ini sungguh-sungguh dimanfaatkan dalam pengabdian kita sebagai guru. Manggarai Barat ini dikenal sebagai tempat wisata super premium. Jangan sampai tempatnya saja yang premium, sehingga manusianya juga harus premium dalam pikiran, perkataan maupun tindakan,” pungkas Albertus.

 

Pantauan media, kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari tersebut, yakni Jumat-Sabtu (17-18/12/2021) tersebut dihadiri oleh Ketua PGRI Kabupaten Manggarai Barat, narasumber dari Tim Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT, serta para guru penggerak sebagai peserta kegiatan.

 

Berita dan Foto : Frein Raden

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments