Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMK PELAYARAN KUPANG GELAR PELANTIKAN TARUNA-TARUNI ANGKATAN 29

 



Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pelayaran Kupang menggelar pelantikan Taruna-Taruni Angkatan 29, Kamis (11/11/2021). Kegiatan tersebut diawali dengan upacara penaikan bendera Merah Putih dan dilanjutkan pelantikan calon taruna dan taruni. Pelatikan tersebut ditandai dengan pemasangan tanda tingkatan. Acara tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Linus Lusi, Wakil Ketua Komisi V DPRD NTT, Cristien Samiyati Patti, Wakil Ketua DPRD Kota Kupang, Kristian Baitanu, General Menager Pelindo, Kepala Navigasi Kelas II Kupang, Kadispotmar Lantamal VII, Kasubdispers Lanud El Tari, Kepala Navigasi dan General Manager Pelindo, serta orang tua atau wali. Kegiatan tersebut berlangsung secara tatap muka dengan tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

 

Dalam sambutannya, Kadis PK Provinsi NTT, Linus Lusi, S.Pd.,M.Pd, mengajak para taruna dan taruni yang baru saja dilantik untuk memahami bahwa Negara Indonesia adalah negara kepulauan dengan potensi kemaritiman yang harus dikelola secara baik melalui relasi, berbagai komponen dan lembaga pendidikan. SMK Pelayaran Kupang, imbuhnya, telah menunjukan sebuah tata kelola dan manajemen sekolah yang bagus.

 

Anda adalah duta bahari, sehingga harus berpedoman pada beberapa dasar kompetensi keahlian yang sudah anda dapati selama bersekolah di lembaga pendidikan ini. Saya sebagai Kepala Dinas PK memberikan aprsesiasi yang tinggi kepada seluruh manajamen persekolahan ini yang mana untuk kesekian kalinya melaksanakan acara seperti ini,” tuturnya.

 


Lebih lanjut, ungkapnya, SMK Pelayaran Kupang telah memberikan warna bagi pengembangan beberapa sekolah pelayaran di NTT, sehingga pihak Dinas PK Provinsi NTT sebagai perwakilan pemerintah turut mendukung penuh upaya-upaya pengembangan sekolah lewat berbagai program dan kegiatan yang disiapkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

 

Di lain pihak, Kepala Distrik Navigasi Kelas 2 Kupang, Wiji Santoso menyebutkan bahwa perairan di wilayah timur, khususnya di Provinsi NTT sangat luas, sehingga perlu adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal untuk menjaganya. Wiji juga menilai SMK Pelayaran Kupang telah berkontribusi baik dalam hal tersebut.

 

“Kita apresiasi SMK ini yang komit membagun SDM berkompeten di bidang kelautan,” ujarnya.

 

Wiji mengatakan potensi bahari di laut sangat bagus untuk dikembangkan, sehingga dibutuhkan tenaga atau sumber daya yang profesional. Misalnya, dari lulusan SMK Pelayaran yang saat ini juga fokus untuk menyiapkan SDM yang berkualitas.

 

“Karena wilayah yang ada di Kepulauan Nusa Tenggara Timur sangat luas, yang diharapkan dapat mengutamakan keselamatan pelayarannya, tentunya apa yang harus disiapkan baik dari segi SDM, sarana prasarana dan lainnya. Dengan adanya pelantikan taruna-taruni ini, diharapkan dapat menyiapkan SDM yang handal dalam bidang Bahari,” ujarnya

 


Sementara itu, Kepala SMK Pelayaran, Jessica Sonabela Sodakain menegaskan bahwa SMK Pelayaran Kupang merupakan sekolah yang berdiri sejak tahun 1992 dan merupakan sekolah pelayaran yang tertua di Provinsi NTT. Maka dari itu, pungkasnya, SMK Pelayaran Kupang telah turut ambil bagian secara langsung untuk menyiapkan tenaga-tenaga terampil di bidang kemaritiman dan cakupannya tidak hanya di wilayah NTT, melainkan hingga tingkat nasional dan bahkan mancanegara.

 

“Dalam kurun waktu yang cukup lama SMK Pelayaran Lasiana Kupang telah turut ambil bagian secara langsung untuk menyiapkan tenaga-tenaga terampil di bidang kemaritiman dan cakupannya tidak hanya di NTT tapi sudah sampai di tingkat nasional, bahkan mancanegara” pungkasnya.

 

Berita dan Foto : Marsel Proklamasi

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments