Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PRODI PENDIDIKAN KIMIA GELAR WEBINAR PELATIHAN KTI

 



Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Guna meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang penulisan, Program Studi (Prodi) Pendidikan Kimian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Widya Mandira (Unika) Kupang menggelar Webminar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (KTI) melalui aplikasi Zoom Meeting, Sabtu (30/10/2021). Kegiatan virtual tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua Prodi Pendidikan Kimia, Maria Benedikta Tukan, M.Pd.

 

Dalam sambutannya, Maria menuturkan bahwa Webminar Pelatihan KTI tersebut sesungguhnya merupakan salah satu rangkaian kegiatan pada perayaan Hari Mol (Hari Orang Kimia Sedunia) yang diperingati pada setiap 23 Oktober. Proses pelaksanaannya, imbuh Maria, harus diundur karena kepadatan aktivitas civitas akademika yang sedang sibuk mempersiapkan reakreditasi prodi yang akan berlangsung dalam waktu dekat di tahun ini.  

 

“Sejatinya Webinar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah bagi mahasiswa dan mahasiswi ini dilaksanakan satu hari sebelum perayaan Hari Mol. Namun, panitia yang sedang disibukan dengan persiapan reakreditasi prodi, sehingga kegiatan Webinar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah baru dilaksanakan hari ini,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut, terang Maria, kegiatan tersebut didasarkan pada pengalaman para dosen pembimbing atau penguji saat mendampingi mahasiswa dalam proses penulisan proposal dan skripsi yang sering menemui hambatan. Hal tersebut, terangnya, disebabkan oleh minimnya kemampuan mahasiswa dalam menulis KTI. Dengan demikian, sambungnya, melalui kegiatan tersebut para mahasiswa bisa terlatih untuk menulis proposal dan skripsi secara baik, sistematis, dan berkualitas.

 

“Bapak Ibu dosen pembimbing dan penguji menemukan mahasiswa kurang mampu dalam mensitasi kutipan sumber untuk dimasukan ke dalam tuulisannya. Selain itu mahasiswa juga kurang paham dalam membuat rujukan daftar pustaka,” jelasnya.

 

Memenuhi Kebutuhan Praktis Mahasiswa

 

Sementara itu, salah satu mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia yang turut menjadi peserta kegiatan, Yuliana Ero mengungkapkan bahwa Webminar Pelatihan KTI tersebut sangat membantu para mahasiswa dalam proses penulisan Tugas Akhir (TA). Hal tersebut, imbuhnya, dapat memenuhi kebutuhan praktis mahasiswa dalam penyusunan proposal maupun skripsi, terutama pada Mata Kuliah Metode Penelitian. Selain itu, sambungnya, materi yang diberikan oleh narasumber terkesan lebih konkrit dan langsung merujuk pada substansi persoalan yang sering dialami oleh mahasiswa.

 

“Bagi saya, Webinar Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah sangat membantu mahasiswa dalam menulis tugas akhir baik itu proposal dan skripsi. Karena itu, kegiatan seperti ini mesti terus dilakukan sehingga menambah pengetahuan mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah,” pungkasnya.

 

Pantauan media, webminar yang dimoderatori oleh Faderina Komisia, M.Pd tersebut menghadirkan dua narasumber utama, yakni Erly Grisca Boelan, M.Si dengan materi “Ide dan Etika Penulisan Karya Ilmiah” serta Anselmus Boy Baunsele, M.Sc dengan materi “Plagiarisme dan Perujukan Daftar Pustaka”. Webminar tersebut berlangsung selama kurang lebih dua jam dengan melibatkan partisipan dari kalangan mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia dan dari luar.  

 

Berita dan foto : Vinsensius Poli

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments