Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

100 GURU SD DAN SMP SE-KABUPATEN TTU IKUTI BIMTEK PENULISAN ARTIKEL ILMIAH

 



TTU, CAKRAWALANTT.COM - Sebanyak 100 guru dari jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Penulisan Artikel Ilmiah bersama Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT, Senin (15/11/2021). Kegiatan yang berlangsung secara tatap muka tersebut dibuka secara resmi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Kabupaten TTU, Raymundus Aluman di SDK Leob, Kefamenanu.

 

Dalam sambutannya, Raymundus menegaskan bahwa literasi harus digaungkan di lingkungan sekolah. Bimtek penulisan artikel ilmiah tersebut, imbuhnya, merupakan salah satu kegiatan literasi yang harus diimplementasikan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No 23 tahun 2015 terkait penumbuhan budi pekerti. Hal itu, sambungnya, juga menekankan pentingnya pembiasaan sikap dan situasi positif di lingkungan sekolah.



Lebih lanjut, terang Raymundus, program literasi nasional sudah digaungkan, sehingga implementasinya di daerah TTU harus turut digencarkan. Maka dari itu, lanjutnya, Dinas PKO Kabupaten TTU bekerja sama untuk mendaratkan program literasi bersama pihak MPC NTT. Menurutnya, produk tulisan yang dihasilkan memiliki manfaat yang berkelanjutan, baik untuk kepentingan kenaikan pangkat maupun sebagai contoh positif bagi perkembangan literasi di kalangan peserta didik. Dengan demikian, harap Raymundus, para guru yang terlibat di dalam bimtek tersebut harus mengikuti proses pendampingan secara baik dan konsisten hingga bisa melahirkan produk tulisan yang berkualitas.  

 

“Kegiatan ini merupakan upaya dinas PKO Kabupaten TTU untuk menggaungkan program literasi nasional. Melalui kerja sama dengan MPC NTT kita berharap para guru yang terlibat di dalam kegiatan bimtek tersebut bisa mengikuti proses pendampingan menulis hingga bisa melahirkan produk tulisan yang berkualitas,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten TTU, Yoaneta S. Kono, S.STP yang turut hadir saat seremonial pembuka tersebut mengungkapkan bahwa pihaknya sangat mendukung program dan gerakan literasi yang terjabarkan ke dalam kegiatan-kegiatan yang produktif. Hal tersebut, tuturnya, sejalan dengan visi pembangunan Kabupaten TTU terkait pengembangan pendidikan saat ini.

 


Dirinya mengaku selama ini pihaknya telah melakukan berbagai terobosan untuk mendukung kemajuan literasi di Wilayah TTU. Salah satunya, imbuh Yoaneta, adalah melalui program perpusatakaan keliling (pusling).  

 

Pantauan media, kegiatan bimtek penulisan artikel ilmiah gelombang pertama tersebut melibatkan 100 orang guru dan akan berlangsung selama tiga hari, yakni Senin-Rabu (15-17/11/2021) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang berlaku. Selain itu, turut hadir dalam kegiatan tersebut, Plt. Kadis PKO Kabupaten TTU, Sekretaris Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan Kabupaten TTU, Pimpinan Umum MPC NTT, Gusty Rikarno beserta Tim Formator Literasi MPC NTT.

 

Berita dan foto : Baldus Sae

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments