Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMAS STO. THOMAS AQUINAS WEETEBULA GELAR WORKSHOP KTI

 




Sumba Barat Daya, CAKRAWALANTT.COM - Guna menunjang proses pembinaan profesi dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan pendidikan, Sekolah Menengah Atas Swasta (SMAS) Sto. Thomas Aquinas Weetebula menggelar kegiatan Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI), Senin (25/10/2021). Kegiatan yang dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) tersebut dibuka secara langsung oleh Koordinator Pengawas (Korwas) Pendidikan Menengah (Dikmen) SMA/SMK se-Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD),Yulius Djawamara, S.Pd.

 

Dalam sambutannya, Yulius sangat mengapresiasi proses penyelenggaraan kegiatan workshop KTI tersebut. Menurutnya, kegiatan workshop tersebut sangat berguna bagi perkembangan literasi dan peningkatan kualitas SDM di lingkungan sekolah. Dengan kata lain, tuturnya, semua peserta workshop, baik guru maupun peserta didik harus mampu berpartisipasi secara aktif dan serius dalam kegiatan tersebut guna menghasilkan tulisan yang berkualitas. Maka dari itu, sambungnya, Tim Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT akan mendampingi dan mengumpulkan semua hasil tulisan guru maupun peserta didik untuk disunting lagi menjadi produk literasi yang berisi.  

 

Sementara itu, Kepala SMAS Sto. Thomas Aquinas Weetebula, Fr. Marselinus Pati Blolong, BHK mengatakan bahwa kegiatan workshop tersebut dilaksanakan sesuai dengan program pemerintah yang dicanangkan melalui Kurikulum 2013 (K-13) dengan istilah literasi. Baginya, literasi bukanlah hal baru di dalam dunia pendidikan, meskipun sering mengalami perubahan. Dengan kata lain, imbuhnya, di dalam dunia pendidikan kemampuan membaca dan menulis seorang individu perlu dikembangkan sesuai dengan konsep Gerakan Literasi Nasional (GLN). Lebih lanjut, ujar Fr. Marselinus, kegiatan menulis merupakan salah satu aspek dari konsep literasi dasar dalam setiap proses pendidikan di Indonesia, meskipun kemampuan menulis masyarakat pada umumnya masih tergolong rendah. 

 

“Jadi untuk peserta yang mengikuti kegiatan ini, bahwa literasi ini bukanlah hal yang baru di dunia pendidikan. Walaupun pendidikan itu dalam proses perkembangannya sering mengalami perubahan, tetapi literasi tetap ada didalamnya. Bahkan literasi itu sendiri merupakan bagian dari pendidikan yang dimana aspek kemampuan dan keterampilan seseorang dalam membaca dan menulis serta berbicara itu dikembangkan, dan kemampuan serta keterampilan juga dalam Kurikulum 2013 atau disebut dengan literasi nasional,” terangnya.


Pantauan media, kegiatan workshop yang didukung secara penuh oleh Tim MPC NTT tersebut akan berlangsung selama tiga hari, yakni Senin-Rabu (25-27/10/2021) dengan tetap menerapkan prokes yang berlaku. Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Korwas Dikmen SMA/SMK se-Kabupaten SBD, Kepala SMAS Sto. Thomas Aquinas Weetebula beserta jajaran, Tim Formator MPC NTT, para guru dan peserta didik.

 

Berita : Nia Bene

Foto : Baldus Sae

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments