Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

PERINGATI BULAN BAHASA, SMA NEGERI 1 ADONARA BARAT GELAR KEGIATAN LITERASI

 



Flores Timur, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka memperingati Bulan Bahasa 2021, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Adonara Barat menggelar kegiatan literasi, Senin (25/10/2021). Kegiatan yang berlangsung secara tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) tersebut dibuka secara langsung oleh Koordinator Pengawas Pendidikan Menengah (Korwas Dikmen) SMA/SMK se-Kabupaten Flores Timur (Flotim), Drs. Agustinus D. Kumanireng, M.Si.

 

Dalam sambutannya, Agustinus sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan literasi di lingkungan SMA Negeri 1 Adonara Barat tersebut. Menurutnya, pendidikan dan literasi adalah dua hal penting yang harus diperhatikan secara serius oleh semua kalangan. Literasi, imbuhnya, membuat semua pihak bisa berpikir dan memecahkan masalah secara baik. Maka dari itu, sambungnya, dunia pendidikan harus mengakomodir perkembangan literasi dan penguasaan teknologi bagi para guru beserta peserta didik. Hal tersebut, tegasnya, harus dilakukan sebab tuntutan era modern saat ini tidak hanya menitihberatkan soal pengetahuan akademik, tetapi juga penguasaan teknologi, keterampilan (skill), dan kemampuan berliterasi.

 

“Saya sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan literasi ini. Pendidikan dan literasi adalah dua hal penting yang harus diperhatikan dengan serius sebab literasi bisa membantu orang untuk berpikir dan memecahkan masalah. Selain pengetahuan akademik, para guru dan peserta didik harus mampu menguasai keterampilan dan teknologi serta kemampuan berliterasi. Itu yang menjadi kunci utama keberhasilan pendidikan kita,” tuturnya.



Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh

 

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Adonara Barat, Yohanes Juang Boli mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara yang disusun guna memperingati Bulan Bahasa 2021. Di bawah tema besar “Civitas Akademika SMA Negeri 1 Adonara Barat Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh Dalam Gerakan Literasi Sekolah”, terang Yohanes, pihak sekolah berusaha membangun budaya literasi yang seimbang dalam lingkungan pendidikan.

 

Lebih lanjut, sambungnya, melalui peningkatan dan penguatan budaya literasi sekolah yang baik, warga SMA Negeri 1 Adonara Barat bisa bersatu, bangkit, dan tumbuh dalam suasana pendidikan yang berkualitas. Maka dari itu, tegasnya, para peserta kegiatan literasi tersebut harus mampu terlibat aktif dalam setiap kelas ekstrakurikuler yang telah dibagi.

 

“Di bawah tema ‘Civitas Akademika SMA Negeri 1 Adonara Barat Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh Dalam Gerakan Literasi Sekolah’, pihak sekolah sangat mengharapkan agar budaya literasi di lingkungan pendidikan ini bisa berjalan baik dan tentunya mampu menciptakan suasana pendidikan yang berkualitas. Maka dari itu, saya berharap agar semua peserta kegiatan literasi ini bisa terlibat aktif dalam setiap kelas ekstrakurikuler yang telah dibagi,” jelasnya.



Pantauan media, kegiatan literasi tersebut akan berlangsung selama tiga hari, yakni Senin-Rabu (25-27/10/2021) sesuai dengan pembagian kelas ekstrakurikuler. Turut hadir sebagai narasumber, Charles Keban di Kelas Puisi, Silvester Witin di Kelas Opini, Yakobus Beoang di Kelas Pidato, Silvester Petara Hurint di Kelas Teater, Maximus Masan Kian di Kelas Karya Ilmiah, dan Tim Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT di Kelas Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) bersama guru. Selain itu, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh beberapa awak pers dan penggiat literasi.

 

Berita dan Foto : Felis Natu

Editor : Mario Djegho (red)  


Post a Comment

0 Comments