Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

KUATKAN SINYAL LITERASI, SMAN 3 MACANG PACAR GELAR WORKSHOP KTI


 


Manggarai Barat, CAKRAWALANTT.COM - Dalam meningkatkan dan menguatkan sinyal literasi di lingkungan pendidikan, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Macang Pacar menggelar kegiatan workshop penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Kegiatan yang didukung oleh kerja kolaborasi bersama Tim Media Pendidikan Cakrawala (MPC) NTT tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Komite SMAN 3 Macang Pacar, Stefanus Gerak, Kamis (07/10/2021).


Dalam sambutannya, Stefanus sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan workshop KTI tersebut secara positif. Hal tersebut, tuturnya, berguna untuk mengetahui proses perkembangan literasi di lingkungan sekolah. Menurutnya, literasi merupakan jalan untuk membangun kesadaraan membaca dan menulis guna menghasilkan karya-karya yang kreatif serta inovatif.


Kegiatan tersebut, sambungnya, merupakan proses kolaborasi yang penting antara pihak sekolah dengan Tim MPC NTT. Selain itu, imbuhnya, melalui kegiatan workshop, warga SMAN 3 Macang Pacar mampu bersaing dengan sekolah lain meskipun berada dalam keterbatasan. Maka dari itu, Stefanus berharap agar para peserta workshop bisa mengikuti proses pelatihan dan pendampingan menulis tersebut dengan serius.


“Saya mewakili orang tua peserta didik sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pihak sekolah yang telah memperhatikan dengan sungguh perkembangan proses pembelajaran peserta didik di sekolah. Kegiatan ini merupakan kegiatan positif yang bisa membangun budaya literasi sekolah. Melalui kegiatan ini juga SMAN 3 Macang Pacar bisa berkarya dan bersaing dengan sekolah lainnya meski dalam keterbatasan. Maka dari itu, saya meminta agar para peserta workshop bisa serius mengikutinya,” ungkapnya.


Sementara itu, Kepala SMAN 3 Macang Pacar, Riste Sihite, S.Pd mengungkapkan peningkatan mutu pendidikan harus terus digencarkan meski berada dalam kondisi terbatas dan kekurangan. Maka dari itu, tandasnya, kegiatan workshop penulisan KTI tersebut sangat penting dan bermanfaat untuk mendukung mutu pendidikan. Hal tersebut, sambungnya, bisa menunjang penguatan budaya literasi agar para guru dan peserta didik bisa bersaing di segala aspek.


“Walaupun dalam kondisi serba terbatas dan kekurangan, mutu pendidikan menjadi prioritas. Oleh karena itu, saya merasa pelatihan ini sangat penting dan bermanfaat bagi para guru dan peserta didik. Melalui kegiatan ini para peserta didik kelak mampu bersaing ketika menempuh pendidikan yang lebih tinggi atau dalam dunia kerja,” tukasnya.


Lebih lanjut, terang Riste, pihaknya sangat mengapresiasi pergerakan Tim MPC NTT yang selalu berbagi pengetahuan dan pengalaman seputar peningkatan budaya literasi. Hal tersebut, pungkasnya, bisa membentuk semangat kolaboratif untuk menyambut generasi emas 2050 di masa mendatang.


Pantauan media, kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari, yakni Kamis-Sabtu (07-09/10/2021) tersebut dihadiri oleh Kepala SMAN 3 Macang Pacar beserta para guru, pihak komite sekolah, Tim MPC NTT, dan para peserta didik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).


Berita dan Foto :  Takim/ Hironimus Deo/ Frein Raden

Editor : Mario Djegho (red)


Post a Comment

0 Comments