Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

AGNES TONA : OLIMPIADE ASTRONOMI ADALAH PENGALAMAN KECIL NAN BERHARGA

 



Lembata, CAKRAWALANTT.COM - Kegiatan Olimpiade Siswa Nasional (OSN) Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sedang diselenggarakan di berbagai daerah. Begitupun di Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Agnes Tona, seorang peserta didik kelas XII MIPA yang mengenyam pendidikan di SMA Negeri 1 Ile Ape pun turut berpartisipasi di dalam OSN tersebut. Kepada media ini, Agnes mengungkapkan bahwa dirinya baru pertama kali mengikuti kegiatan OSN. Hal tersebut, imbuhnya, menjadi semakin baru ketika ia berani memilih Mata Pelajaran Astronomi sebagai bidang pilihan dalam olimpiade tersebut.  

 

Ia menuturkan bahwa dirinya harus mempersiapkan diri selama dua minggu untuk mengasah kemampuan dan penguasaannya terhadap bidang astronomi. Kemahirannya dalam mengerjakan soal-soal matematis membuat kepala sekolah dan guru Mata Pelajaran Matematika tergerak untuk memilihnya sebagai peserta OSN di bidang Astronomi. Meskipun masih tergolong baru dan bukan menjadi pelajaran wajib di dalam kurikulum SMA, tetapi bagi Agnes, olimpiade astronomi adalah pengalaman kecil nan berharga.

 

Lebih lanjut, terang Agnes, Ilmu Astronomi membuatnya mampu mengasah kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan spiritual (SQ), serta kecerdasan emosional (EQ). Penguasaan kecerdasan tersebut, ujarnya, adalah langkah awal untuk menciptakan inovasi. Maka dari itu, ketika membuka bahan ajar astronomi, sambung Agnes, dirinya telah memberikan seluruh kemampuannya untuk belajar secara otodidak guna mengharumkan lembaga pendidikannya.

 


Di lain sisi, pada masa orientasi persiapan OSN, guru pembimbing juga memberikan arahan, bimbingan, dan kisi-kisi soal menyangkut astronomi sembari lebih mendalami bidang astronomi, fisika, dan matematika. Selain itu, Agnes juga mengatakan bahwa dirinya selalu mendalami materi secara visual lewat penayangan penjelasan di kanal youtube.

 

Pada ujian OSN yang berlangsung pada Selasa (14/09/2021) tersebut, Agnes didampingi oleh guru instruktur, Veronika Tiro, S.Pd dan disaksikan secara langsung oleh Kepala SMAN 1 Ille Ape, Patricia Menge, S.Pd. Kepada media ini, Patricia mengatakan bahwa hampir setiap tahun pihak sekolah selalu membimbing peserta didik untuk mengikuti ajang kompetisi bakat dan minat lewat OSN di bidang astronomi, sebab astronomi merupakan ilmu serapan sains yang terdiri atas Ilmu Matematika dan Fisika. Maka dari itu, sebagai apresiasi, pihak sekolah memberikan penghargaan dan uang pembinaan berupa tabungan kepada Agnes.  Hal tersebut tentunya menjadi bagian penting dalam proses peningkatan motivasi belajar dan prestasi.

 

Teks dan Foto : Rofinus R.Roning

Editor : Mario Djegho (red)

 


Post a Comment

0 Comments