Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMK SWAKARSA RUTENG GELAR LOMBA DEBAT DAN BACA PUISI

 



Manggarai, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 76 Republik Indonesia (RI), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swakarsa Ruteng menggelar lomba debat dan baca puisi bagi kalangan peserta didik. Kegiatan yang berlangsung secara tatap tersebut dibuka langsung oleh Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kurikulum, Kanisius W. Danto, SH dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), Jumat (27/08/2021).

 

Dalam sambutannya, Kanisius menegaskan bahwa kegiatan lomba tersebut bukan sekedar untuk memenuhi program yang telah direncanakan secara formalitas, tetapi harus dipandang sebagai upaya serius dalam mengembangkan prestasi dan kualitas peserta didik. Dengan kata lain, tuturnya, semua peserta yang terlibat di dalam kegiatan tersebut harus bersikap serius dan cerdas dalam mengekspresikan diri. Selain itu, sambungnya, pihak sekolah selalu memastikan agar kegiatan tersebut dilaksanakan dengan penerapan prokes yang ketat.

 

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Lomba, Gaudensia Juita, S.Pd menyampaikan bahwa kegiatan lomba debat dan baca puisi tersebut merupakan bagian dari peringatan HUT ke 76 RI, tetapi diundur sesuai jadwal karena banyaknya kegiatan sekolah beberapa waktu belakangan.

 

“Kegiatan lomba yang seyogyanya dilaksanakan pada pertengahan Agustus, terpaksa diundur ke hari ini karena banyaknya kegiatan yang dilaksanakan di sekolah,” ujarnya.

 

Lebih lanjut, terang Gaudensia, kegiatan lomba debat dilaksanakan selama dua hari, yakni; Jumat – Sabtu (27 – 28/08/2021) dengan mengusung tema “Efetivitas Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19”, serta diikuti oleh perwakilan peserta didik kelas XI dari semua jurusan. Tema tersebut, pungkasnya, dipilih karena sesuai dengan kenyataan pendidikan dewasa ini.



 

Memacu Kompetisi Internal Sekolah

 

Di sisi lain, melalui sambungan vitual, Kepala SMK Swakarsa Ruteng, Isidorus Son, SE sangat mengapresiasi keterlibatan aktif semua pihak yang telah mendukung kelancaran kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan salah satu cara yang efektif dalam memacu kompetisi internal di lingkungan sekolah. Oleh sebab itu, sambungnya, semangat para peserta didik harus dipacu di dalam kegiatan-kegiatan positif, termasuk pada kegiatan lomba debat dan baca puisi tersebut.  

 

 “Peserta didik umumnya mempunyai kebiasaan membandingkan dirinya dengan peserta didik yang lain. Di situlah kita paham bahwa peserta didik kita punya kebiasaan berkompetisi. Mari kita arahkan semangat kompetisi mereka  ke dalam kegiatan-kegiatan yang positif. Dan perlombaan hari ini merupakan salah satu wadah yang tepat,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Guru Pengampu Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Yogi Suhadi, S.Pd mengungkapkan bahwa keluaran (output) dari kegiatan tersebut adalah untuk mengasah kemampuan berbicara (public speaking) peserta didik, sehingga mampu mengemukakan pendapat di depan umum dengan percaya diri. Hal tersebut, sambungnya, bisa melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam memaknai setiap peristiwa aktual.  

 

“Sudah saatnya peserta didik kita menggunakan bahasa sebagai komunikasi, bukan ilmu yang harus terus dipelajari. Khususnya melalui lomba debat, kita mau mengukur sejauh mana peserta didik mampu mendalami sebuah topik, mengemukakan pendapat dan menyampaikan argumentasi atau sanggahan. Kebiasaan itu akan membuat mereka berpikir kritis dan berani berkomentar tentang peristiwa-peristiwa aktual baik dalam sifatnya yang biasa juga terutama dalam kesempatan forum-forum ilmiah-akademik,” ungkapnya.

 

Pantauan media, kegiatan yang berlangsung di Aula SMK Swakarsa Ruteng tersebut dihadiri oleh Wakasek Bidang Kurikulum, para guru, dan beberapa perwakilan peserta didik.  

 

Berita dan Foto : Eufrasia Mamul

Editor : Mario Djegho (red)

 

 

 

Post a Comment

0 Comments