Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

KOPERASI PROJAKOP SERAHKAN BIBIT SENGON LAUT KEPADA ANGGOTA



Manggarai, CAKRAWALANTT.COM - Dalam rangka menyokong kehidupan ekonomi berbasis lingkungan, Koperasi Profesional Jaringan Koperasi Produsen (Projakop) Mitra Sejahtera menyelenggarakan kegiatan penyerahan bibit sengon laut bagi masyarakat yang tergabung di dalam keanggotaan. Kegiatan penyerahan tersebut berlangsung secara simbolis di Kampung Lao, Langke Rembong, Manggarai. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas alam dengan menanam beberapa bibit tanaman di lahan milik anggota yang telah tersedia. Hal itu diutarakan oleh Kepala Koperasi Projakop Mitra Sejahtera Cabang Manggarai, Ir. Robert Jaya, MM dalam kegiatan tersebut, Kamis (19/08/21).

Dalam sambutannya, Robert mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah untuk menyokong kehidupan ekonomi berbasis lingkungan. Menurutnya, manusia (baca : masyarakat) harus mampu merawat alam agar terjaga kelesatariannya. Hasil alam, tuturnya, bukan semata untuk kehidupan masyarakat dewasa ini, tetapi juga untuk generasi selanjutnya.

“Ini merupakan salah satu langkah untuk menyokong kehidupan ekonomi berbasis lingkungan. Saya bepikir bahwa alam telah memberikan banyak hal buat manusia, tetapi sebagai manusia, kita juga perlu merawat alam agar tetap terjaga. Hasil alam ini bukan buat kita saja tetapi juga buat anak cucu kita sepuluh sampai lima puluh tahun atau sampai selamanya” tuturnya.

Di sisi lain, ia juga menjelaskan bahwa Koperasi Projakop dikelola secara profesional dan mandiri oleh Organisasi Profesional Jaringan Mitra Negara (Projamin). Pengelolaan tersebut, jelasnya, berguna untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia melalui agrobisnis di bidang pertanian, penanaman sejuta pohon melalui gerakan hijau, pelayanan simpan pinjam, pembangunan 1000 rumah (real estate), serta kegiatan lainnya. Semua tujuan tersebut, sambungnya, akan berkembang sesuai kebutuhan masyarakat dengan tetap mempertimbangkan potensi lokal.  

Mendukung Program Kerja Projakop

Di sisi senada, salah satu anggota Koperasi Projakop, Mancuetus Jemada menyampaikan dukungan dan antusiasnya ketika bergabung dengan Koperasi Projakop. Menurutnya, semua program yang diberikan oleh Projakop sangat membantu kehidupan masyarakat, terutama anggotanya. Dengan demikian, ujarnya, pihaknya telah menyiapkan lahan untuk menanam dan merawat bibit sengon laut tersebut, sehingga bisa berbuah menjadi uang sampai beberapa tahun kemudian.

“Saya sebagai masyarakat sangat senang dengan program ini. Saya sudah siapkan lahan untuk menanam dan merawat sengon laut ini. Saya berharap seratus sengon ini akan berbuah uang tiga sampai empat tahun ke depan”

Di sisi lain, Koordinator Kecamatan Projakop, Angglus Santas, S.Pd juga menyampaikan apresiasi bagi para anggotanya di sela-sela kegiatan tersebut. Menurutnya, 100 bibit sengon laut yang ditanam dan dirawat sejak dini bisa berbuah uang sampai tiga atau empat tahun mendatang. Oleh sebab itu, sambungnya, para anggota harus terus bekerja untuk menanam serta merawat bibit sengon laut tersebut dengan baik dan benar

“Saya selalu mengingatkan anggota saya bahwa sesungguhnya apa yang sedang kita lakukan sekarang adalah menabung uang 100 juta rupiah” pungkasnya.

Pantauan media, di usia yang kurang lebih tiga bulan berjalan sejak diberikan Surat Keputusan (SK) berdiri per tanggal 18 Mei 2021, Koperasi Projakop telah berkembang pesat dan mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah, masyatakat, dan anggotanya. Hingga saat ini, Koperasi Projakop telah mencatat anggota sebanyak 106 orang di Kabupaten Manggarai.


Berita dan Foto : Frein Raden

Editor : Mario Djegho (red)

Post a Comment

0 Comments