Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

KADIS P & K PROVINSI NTT APRESIASI TIM PENELITI MGMP SEJARAH SMA KABUPATEN TTS

Kota Kupang, CAKRAWALANTT. COM - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Linus Lusi, M.Pd, memberikan apresiasi kepada tim peneliti dan penulis yang tergabung dalam  Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah jenjang SMA Kabupaten TTS yang melakukan penelitian dan penulisan buku

"Kegiatan penelitian ini merupakan pengembangan diri sebagai seorang guru dan menghadirkan referensi bagi pembelajaran sejarah lokal sehingga saya sangat mengapresiasi tim peneliti sejarah yang tergabung dalam MGMP Sejarah SMA Kabupaten TTS. Kegiatan ini juga sangat penting guna mendorong serta memotivasi para peserta didik yang ada untuk ikut melakukan penelitian yang bersifat ilmiah,” ungkap Linus Lusi saat Tim Peneliti Sejarah yang tergabung dalam MGMP Sejarah jenjang SMA melakukan audiensi di ruang kerjanya pada Jumat (13/8/2021) lalu.

Dalam audiensi tersebut tim peneliti dan penulis Sejarah dari Kabupaten TTS  menyampaikan kepada kepala dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi NTT terkait dengan hasil seminar penelitian yang telah dilaksanakan di SMA Efata SoE pada tanggal 18 Juni 2021 lalu. Hasil penelitian tersebut akan segera diterbitkan dalam bentuk buku dengan judul "Di Balik Berdirinya SMA Efata SoE".

Pada kesempatan yang sama, para tim peneliti selain menyampaikan terkait penerbitan buku yang telah selesai digarap juga mengajukan proposal penelitian yang baru yang mana akan melakukan penelitian terkait  Sejarah Asal-usul Marga Selan dan Sejarah Panglima Perang (Meo) Selan di Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Ketua MGMP Sejarah jenjang SMA Kabupaten TTS, Abiatar O. Kune, S.Pd., M.M. yang ditemui di SMA Efata SoE, kepada media ini menjelaskan tentang tujuan pertemuan tim bersama Kadis P & K Provinsi NTT. “Kami ketemu dengan kadis P dan K Provinsi NTT beberapa waktu lalu itu untuk menyampaikan hasil seminar penelitian terkait dengan judul "Di Balik Berdirinya SMA Efata SoE, karena itu kepala dinas juga memberikan apresiasi karena menurutnya banyak guru yang masih sulit juga untuk membuat karya dalam hal ini penulisan buku,” jelas Kune.

Kendati sudah melakukan penelitian dan penulisan buku tentu banyak hal dan kendala yang dialami. Kune pun mengakui bahwa baru perdana untuk melakukan penelitian hingga menjadikan dalam bentuk buku

“Ini kali perdana bagi kami, karena itu untuk menyelesaikan sebuah penelitian yang akan dibukukan tentu banyak hal yang dilakukan. Setiap saran atau masukkan yang diberikan tentunya kami akan menerima demi kesempurnaan dalam penelitian dalam penulisan buku itu sendiri,” terang Kune.

Ia juga mengatakan bahwa dalam penelitian serta penulisan buku juga tidak terlepas dari hal membaca. Semakin banyak membaca referensi buku yang ada maka itu juga membantu dalam menulis.

Kune  juga berkomitmen setelah beberapa penelitian yang telah dilakukan akan menulis semuanya dan bisa diterbitkan menjadi buku terkait dengan sejarah dan budaya yang ada. Menurutnya, guru wajib untuk melakukan penulisan sehingga ilmu yang ada terkait dengan menulis bisa juga diaplikasikan kepada para peserta didik.

Kune  juga menguraikan bahwa hal yang memotivasinya bersama tim peneliti untuk menulis sejarah dan budaya lokal itu berangkat dari proses KBM di kelas khususnya pada mata pelajaran sejarah itu sendiri.  Berdasarkan kurikulum yang ada, sejarah untuk daerah sendiri banyak yang belum tahu karena hanya diceritakan secara lisan. Hal inilah yang  memotivasi MGMP sejarah untuk menulis. Kune berharap sekaligus mengimbau kepada semua guru mata pelajaran Sejarah melalui wadah MGMP untuk terus bekerja sama dalam hal penelitian dan juga penulisan sejarah terkait sejarah dan budaya lokal  yang ada.

Perlu diketahui bahwa tim peneliti serta penulis Sejarah tersebut dilakukan oleh Nitanel Imanuel Nokas, S.Pd.,  Abiatar O. Kune, S.Pd., MM. (Ketua MGMP Sejarah SMA) dan Stefenson Banoet, S.Pd. dengan pembimbing Rovis E. Selan, S.Pd., M.Pd. Kegiatan penelitian tersebut juga didukung oleh Koordinator Pengawas SMA/SMK  Kabupaten TTS, Drs. Ngelu Njudang, dan Ketua MKKS SMA Kab.TTS, Drs. Jibrarl Y. Isu, M.Pd. (Lenzho/RZ Kaka)


Post a Comment

0 Comments