Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

YOHANES RUMAT: BERSINERGI MEMAJUKAN PENDIDIKAN DI NTT


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM –
Dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sekretaris Komisi V DPRD Provinsi NTT, Yohanes Rumat, S.E., menekankan pentingnya sinergisitas dalam memajukan pendidikan di NTT. Hal tersebut diutarakannya ketika diwawancarai oleh media ini, Kamis (06/03/2021).

 

Menurutnya, sinergisitas dan kerja sama yang apik antara semua pihak akan mampu mendorong pengembangan mutu pendidikan di NTT, baik dari aspek guru sebagai tenaga pendidik, manajemen kelembagaan, kontribusi peran para stakeholder, hingga pemerintah selaku pembuat kebijakan.

 

“Kita harus bersinergi untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Provinsi NTT. Sinergisitas dan kerja sama yang apik antara pihak-pihak terkait akan mampu mendorong pengembangan mutu pendidikan di NTT. Hal itu tentunya akan berdampak pada guru, manajemen sekolah, para stakeholder dan pemerintah selaku pembuat kebijakan,” ungkapnya.

 

Ia juga menjelaskan bahwa salah satu program prioritas yang sedang dikerjakan berbagai pihak terkait adalah bagaimana menaikkan citra positif pendidikan di NTT secara nasional. Secara peringkat, imbuhnya, sinergisitas yang dilakukan harus mampu mengubah posisi NTT menuju predikat 18 dari posisi 32 sebelumnya. Hal tersebut, sambungnya, akan bisa terimplementasi secara baik apabila semua pihak yang terlibat di dalam proses pendidikan mampu berkolaborasi sesuai visi kolektif. Lebih lanjut, terang Yohanes, pihaknya juga tengah berupaya mendorong program jangka panjang yang menargetkan semua generasi di NTT telah mengenyam pendidikan dalam kurun waktu 5 sampai 10 tahun mendatang.

 

“Salah satu program prioritas yang sedang dikerjakan adalah bagaimana menaikkan citra positif pendidikan di NTT secara nasional, sehingga kita bisa naik ke posisi 18 dari sebelumnya peringkat 32. Hal itu bisa terlaksana secara baik bila ada sinergisitas dan kerja sama yang kolaboratif dari semua pihak terkait. Selain itu, kita juga sedang berupaya mencapai target bersama kita dimana 5 sampai 10 tahun mendatang semua generasi di NTT telah mengenyam pendidikan,tegasnya.    

 

Pentingnya Peningkatan Profesionalisme Guru

 

Di lain pihak, ia juga sangat menekankan penguatan dan peningkatan profesionalisme guru. Menurutnya, guru harus mampu mengaktualisasikan semua kecakapan dan kemampuan dirinya di dalam kelas. Baginya, peningkatan profesionalisme guru sangat berguna dalam mewujudkan peran seorang guru sebagai figur teladan (role model) bagi para peserta didik. Peningkatan profesionalisme guru akan bermuara pada pengembangan metode pembelajaran secara inovatif di dalam kelas. Metode pembelajaran, ujarnya, sangat berpengaruh pada semangat dan motivasi peserta didik untuk belajar.

 

“Peningkatan kualitas pendidikan di NTT sangatlah penting. Tentunya, hal tersebut harus dibarengi dengan peningkatan profesionalisme guru, sebab kecakapan dan kemampuan seorang guru di dalam kelas akan berguna untuk mewujudkan perannya sebagai figur teladan bagi para peserta didik. Selain itu, dengan ditingkatkannya kecakapan guru maka metode pembelajaran di dalam kelas pun akan turut diperbaharui sehingga mampu mempengaruhi semangat dan motivasi belajar peserta didik,” ungkapnya.

 

Dirinya juga mendorong keterlibatan guru dalam berbagai workshop dan kegiatan produktif menyangkut pengembangan pendidikan, baik secara internal kelembagaan maupun dalam kerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dalam suatu wilayah. Dengan demikian, sinergisitas dan kerja sama kolaboratif bisa menjadi pijakan bersama dalam meningkatkan dan menguatkan kualitas pendidikan di NTT secara positif.  

 

Berita & Foto: Mario/ Takim

Editor: Robert Fahik/ red

Post a Comment

0 Comments