Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

KERJA SAMA KAMPUS MERDEKA DAN BEASISWA TALENTA DIGITAL

Jakarta, CAKRAWALANTT.COM – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti)  melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tentang “Kesinergisan Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia melalui Pelaksanaan Kampus Merdeka dan Beasiswa Talenta Digital (Digital Talent Scholarship) pada Senin (10/5/2021).

 

Penandatangan perjanjian kerja sama dilakukan secara daring oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Nizam dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Balitbang SDM) Kemenkominfo Hary Budiarto.

Nizam menyambut baik kerja sama yang terjalin antara Ditjen Dikti dan Badan Litbang SDM Kemenkominfo. Nizam mengatakan, sinergi antarkementerian dan antarsektor sangat penting dalam upaya pengembangan SDM Indonesia, terutama dalam akselerasi talenta digital di lingkungan perguruan tinggi. Selain itu, kolaborasi ini bertujuan untuk dapat meningkatkan mutu dan sinergi program bidang komunikasi dan informatika dengan program bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.

“Implementasi perjanjian kerja sama ini akan sejalan dengan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, dengan kegiatan utamanya untuk mendukung peningkatan kualitas sektor pendidikan tinggi Indonesia. Dengan terjun secara langsung, kita memiliki harapan untuk menciptakan kemajuan sumber daya manusia yang unggul dari Sabang sampai Merauke," ujar Nizam.

Saat ini, lanjut Nizam, melalui kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka, mahasiswa memiliki peluang untuk meningkatkan kompetensi di luar program program studi yang mereka tempuh.  Kemendikbud telah bekerja sama dengan 17 kementerian/lembaga tinggi negara untuk melakukan sinergi program dalam upaya mengimplementasikan kebijakan Kampus Merdeka. Kerja sama antara Dikti dan Kemenkominfo diharapkan dapat melahirkan banyak talenta digital dari perguruan tinggi.

Kepala Balitbang Kemenkominfo juga menyampaikan bahwa program Beasiswa Talenta Digital ini sudah sesuai dengan lima arahan dari presiden tentang pelaksanaan reformasi digital. “Program Beasiswa Talenta Digital ini sudah kita lakukan sesuai dengan arahan dari Pak Presiden. Ada lima arahan yang disampaikan, dimana salah satunya pelaksanaan pelatihan 600 ribu talenta digital yang dilatih setiap tahunnya. Pelaksanaan pelatihan ini tentunya akan sangat membantu untuk terciptanya SDM yang unggul,” ujar Budiarto.

Perjanjian kerja sama antara Ditjen Dikti Kemendikbudristek dengan Badan Litbang SDM Kemenkominfo diharapkan dapat menjadi upaya penyiapan talenta digital andal dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Strategi yang dijalankan antara lain yaitu dengan mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan oleh tenaga kerja serta menyediakan pelatihan untuk ahli kompetensi pada era industri 4.0. Kemudian juga mengembangkan talenta digital yang berdaya saing dan berkarakter sehingga SDM tidak hanya menguasai kompetensi teknis yang ada tetapi juga akan diberikan pelatihan soft skill. 

 

Sumber: kemdikbud.go.id

Post a Comment

0 Comments