Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

BUPATI TTU BUKA LOMBA HARDIKNAS TINGKAT SMA SE-TTU


TTU, CAKRAWALANTT.COM –
Bupati Timor Tengah Utara (TTU), Drs. Djuandi David, hadir secara langsung dan membuka berbagai kegiatan lomba menyongsong Hardiknas. Lomba yang melibatkan SMA se-TTU ini digelar oleh MKKS SMA Kab. TTU, Kamis (29/4/2021) bertempat di SMA Katolik Warta Bakti Kefamenanu.

 

Bupati Djuandi, dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan perlombaan ini merupakan salah satu upaya membentuk generasi muda yang cerdas, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Karena itu Pemda TTU menyambut baik kegiatan ini karena salah satu program pembangunan di TTU adalah membangun di bidang pendidikan.

 

“Kita berharap dengan adanya kegiatan seperti ini para generasi muda dapat diasah kemampuan intelektual dan juga mental spiritual sehingga mereka tumbuh menjadi manusia yang utuh dan seimbang jiwa dan raganya,” ungkapnya.

 

Ia juga mengingatkan para peserta lomba yang berpartisipasi agar nanti yang juara tidak besar kepala dan yang tidak juara jangan berkecil hati, tetapi jadikan ajang ini sebagai kesempatan membentuk diri dan mengasah kemampuan serta bakat yang dimiliki agar menjadi modal pembangunan hidup di masa mendatang.

 

“Ingatlah bahwa indahnya sebuah lagu yang diciptakan bukan karena nada dan irama yang sama melainkan karena paduan nada yang berbeda-beda dengan irama yang berbeda-beda pula, demikian pula kehidupan persaudaraan kita akan semakin damai dan indah ketika kita menghargai perbedaan yang ada diantara kita,” tuturnya.


 

Ketua Panitia Pelaksana Lomba, Romo Djanu Kura, Pr., kepada media ini mengatakan bahwa untuk memeriahkan Hardiknas tahun 2021 ini MKKS SMA menggelar 4 mata lomba yakni, Lomba Cipta dan Baca Puisi, Lomba Debat Bahasa Indonesia, Lomba Debat Bahasa Inggris, dan lomba menyanyi Solo. Lomba ini melibatkan 30 sekolah, dimana setiap sekolah mengirimkan 8 orang peserta.

 

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yakni, Kamis hingga Jumat, 29 – 30/4/2021. Sementara untuk menjaga sportifitas, lanjut Romo Djanu, semua juri berasal dari Universitas Timor (Unimor) Kefamenanu.

 

“Tema yang diangkat dalam kegiatan perlombaan yaitu Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar. Sesuai dengan tema yang ada maka kita semua yang ada harus serentak untuk kebaikan dan kebenaran, karena itu jika serentak maka semua akan berubah walau perlahan tetapi jika kita diam seribu bahasa maka tidak akan ada perubahan,” tegasnya.

 

Romo Djanu juga mengapresiasi Bupati TTU yang hadir secara langsung untuk membuka dan mendukung kegiatan yang digelar oleh MKKS SMA. Kehadiran Bupati TTU. Bukan hanya membuka kegiatan, bupati juga mendukung dengan memberikan sejumlah uang tunai sebagai bentuk motivasi kepada para peserta didik yang berpartisipasi.

 

Korwas Dikmen SMA/SMK Kabupaten TTU, Dra. Elvira Berta Maria Ogom, memberikan apresiasi kepada 30 SMA yang semuanya berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan lomba. Elvira juga menyampaikan bahwa jumlah SMA/SMK dan SLB di Kabupaten TTU sebanyak 51 sekolah, dengan rincian 30 SMA, 20 SMK dan 1 SLB.

 

Selaku Korwas, Elvira berharap agar dari pemerintah provinsi dalam hal ini Dinas PK Provinsi NTT dapat melanjutkan kegiatan ini di tingkat provinsi. Dengan demikian dari setiap mata lomba ada perwakilan dari masing-masing kabupaten untuk bersaing di tingkat provinsi.

 

Berita dan Foto: Lenzho Asbanu/ Gervas Salu

Editor: R. Fahik/ red

Post a Comment

0 Comments