Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

SMKN 4 KUPANG LAKUKAN KERJA SAMA DENGAN IDB BALI

Kepala SMKN 4 Kupang, Semi Ndolu, S.Pd., bersama Koordinator Humas IDB Bali, Putu Agus Putra dalam penandatanganan MoU antara kedua lembaga pendidikan tersebut di SMKN 4 Kupang, Senin (19/04/2021)


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM – Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, SMKN 4 Kupang melakukan kerja sama dengan Institut Desain dan Bisnis (IDB) Bali. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada Senin, (19/04/21). Penandatanganan MoU ini terkait dengan program IDB Bali Mengajar dan SMK Fast Track.

 

Disaksikan media ini, penandatanganan itu dilakukan oleh Kepala SMKN 4 Kupang, Semi Ndolu, S.Pd., dan Koordinator Humas IDB Bali, Putu Agus Putra. Kegiatan ini dilangsungkan di aula Desain Komunikasi Visual (DKV) SMKN 4 Kupang.

 

“SMKN 4 Kupang melakukan kerjasama dengan IDB Bali untuk program IDB Bali Mengajar dan SMK Fast Track. Untuk program IDB Bali mengajar, kita mendatangkan para dosen dari IDB Bali untuk memberikan pengajaran dalam bidang desain dan bisnis di sekolah ini selama tiga hari,” ungkap Semi Ndolu.

 

“Sementara untuk program jangka panjangnya yakni SMK Fast Track. Goal dari program ini adalah bagaimana meng-upgrade kemampuan siswa tamatan SMK sehingga memiliki kemampuan dan kompetensi setara Diploma II. Supaya tamat dari SMKN 4 tidak sekadar pegang ijazah tapi miliki keterampilan dan kompetensi yang mumpuni,” tambahnya.

 

Program IDB Bali mengajar yang berlangsung selama tiga hari ini akan diikuti oleh 98 siswa yang telah mengantongi izin dari orangtua. Pelaksanaan kegiatan ini tentu memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

 

Menurut Semi Ndolu, kerja sama ini bermula dari komunikasi pihak sekolah dengan IDB Bali terkait promosi dan publikasi tentang IDB Bali. “Promosi dengan cara lama seperti bagi-bagi brosur tentu tidak efektif. Oleh karena itu, saya menawarkan kegiatan kolaboratif karena ternyata di IDB Bali ini memiliki jurusan yang link and match dengan jurusan yang ada di SMKN 4 kupang,” tuturnya.

 

Pihaknya menyadari bahwa banyak hal yang tidak bisa SMKN 4 Kupang lakukan sendiri tetapi ada orang lain yang bisa. Oleh karena itu, pintu kerja sama perlu selalu terbuka dan kerja-kerja kolaboratif harus senantiasa diupayakan.

 

Menurut Semi Ndolu, peningkatan mutu sekolah menjadi hal penting yang harus diperjuangkan. Baginya, untuk menjadi berbeda tidak perlu banyak warna tetapi cukup satu warna yang tampil di antara banyak warna. Untuk mendapatkan hasil yang berbeda perlu dilakukan dengan cara yang berbeda pula.

 

Sementara itu, Koordinator Humas IDB Bali, Putu Agus Putra mengatakan, penandatanganan MoU ini adalah kelanjutan dari kerja sama yang telah dicanangkan sebelumnya terkait IDB Bali mengajar dan SMK Fast Track.

 

“Karena jurusan yang ada di SMKN 4 Kupang ini linear dengan jurusan di IDB Bali maka kita lakukan kerja sama untuk program IDB Bali mengajar di bidang fashion, desain interior dan Desain Komunikasi Visual (DKV),” papar Agus.

 

Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian Tri Darma Perguruan Tinggi IDB Bali. Selain program IDB Bali Mengajar dan SMK Fast Track, pihaknya akan bekerja sama untuk kegiatan lomba-lomba desain yang akan diadakan IDB Bali ke depannya nanti.

 

“Kita ingin agar IDB Bali semakin dikenal di daerah timur Indonesia, terutama di wilayah Bali Nusra ini. Dengan harapan bahwa kita mampu menelurkan bakat-bakat muda di daerah timur dan mengembangkan sumber daya manusia di daerah digital sekarang ini,” jelasnya.

 

IBD Bali merupakan satu-satunya kampus desain dan bisnis terbesar di wilayah Bali Nusra. IDB Bali memiliki beberapa program studi yakni Bisnis Digital, Desain Mode, Desain Komunikasi Visual, Desain Interior dan Sistem informasi.

 

Selain menggandeng kerja sama dengan SMKN 4 Kupang, IDB Bali juga siap dan terbuka untuk bekerja sama dengan SMK yang ada di NTT untuk meningkatkan mutu pendidikan.

 

 

Berita dan Foto: Baldus Sae

Editor: R. Fahik/ red

Post a Comment

0 Comments